Tips Mengobati Luka Bakar secara Alami

0
56
obat luka bakar alami

Adanya luka bakar dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan atas pada kulit. Hal ini ditandai dengan munculnya warna kemerahan pada kulit dan menimbulkan rasa sakit. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk menggunakan bahan alami sebagai obat luka bakar paling ampuh apabila luka yang Anda alami masih ringan.

Contoh luka bakar ringan adalah luka bakar akibat kulit terkena cairan atau pun benda yang panas, uap, kontak langsung dengan sinar matahari dan lain-lain.

Cara Mengobati Luka Bakar Ringan

1. Air dingin

Anda dianjurkan untuk mengatasi luka bakar ringan dengan meletakkan bagian yang luka pada air dingin yang mengalir. Selain itu, Anda juga dapat mengompres menggunakan air dingin. Hindari penggunaan es batu. Hal ini dikarenakan es batu dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan kulit halus.

2. Kentang

Kentang mengandung senyawa yang berfungsi sebagai anti inflamasi. Dengan demikian, mengoleskan kentang pada bagian kulit yang terbakar dapat meminimalisir munculnya kulit lecet.

3. Lidah buaya

Lidah buaya dapat membantu dalam penyembuhan jaringan kulit yang terkena luka bakar. Caranya adalah dengan mengoleskan gel atau lendir lidah buaya pada bagian kulit yang terbakar.

4. Minyak Kelapa dan Jus Melon

Minyak kelapa kaya akan vitamin E dan beberapa asam lemak yang berfungsi sebagai anti jamur, anti bakteri maupun antioksidan. Jus lemon mengandung asam yang bagus untuk meringankan bekas luka.  

5. Madu

Madu dapat berfungsi sebagai anti bakteri maupun anti inflasi. Dengan demikian, sangat cocok untuk membantu mengatasi luka bakar. Lain halnya dengan obat luka bakar parah yang membutuhkan perawatan khusus.

Sebaiknya, jika luka bakar Anda parah maka Anda dapat menggunakan produk goapotik seperti hemolok dan lain-lain. Selain itu, Anda dapat membawa ke rumah sakit agar mendapatkan penanganan terbaik.

6. Jus bawang merah

Bawang merah mengandung belerang dan quercetin yang berfungsi menghilangkan rasa sakit akibat luka bakar dan meminimalisir terjadinya kulit melepuh. Caranya, Anda tempelkan jus bawang merah pada bagian luka.

7. Mentimun

Adanya kandungan silika alami, menyebabkan mentimun dapat berfungsi sebagai obat luka bakar ringan. Caranya pun mudah, yaitu dengan menempelkan jus mentimun pada kulit yang terluka.