Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

0
91
memilih sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat

Sunscreen tidak hanya melindungi kulit dari paparan sinar UV, kita juga harus bisa memilih sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat. Permasalah pada area kulit wajah sering kali menjadi persoalan yang membuat galau para remaja. Bagaimana tidak, memiliki wajah sehat dan bersih memang impian setiap orang.

Akan tetapi kita juga perlu tahu bahwa kulit pada setiap orang tentu berbeda-beda. Misalnya saja, kulit kering, berminyak, berjerawat dan lain semacamnya. Sunscreen merupakan salah satu produk kosmetik yang digunakan untuk melindungi kulit wajah dari sinar matahari. Namun beberapa bahan dalam sunscreen mungkin tidak sesuai kulitmu yang berminyak atau mudah berjerawat.

 Jenis sunscreen tertentu malah bisa menyumbat pori-pori dan memicu timbulnya jerawat baru. Karenanya, tidak boleh sembarangan dalam memilih produk perawatan kulit yang satu ini. Meskipun pada beberapa jenis sunscreen kalian meresa tidak cocok pada kulit wajahmu, maka jangan terburu-buru memutuskan untuk tidak menggunakan sunscreen ya.

Penggunaan sunscreen tetaplah sangat penting bagi kulit wajahmu, sebab paparan sinar matahari pada kulit yang tak terlindungi dapat menimbulkan sejumlah masalah kesehatan. Kalian bisa memilih jenis-jenis sunscreen yang cocok dengan kondisi kulit wajahmu.

Berikut beberapa hal yang perlu pertimbangkan saat memilih sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat.

Memiliki Bahan Dasar Mineral

Perlu kita ketahui dan cukup penting, bahwa sunscreen terbagi menjadi dua jenis.  Jenis pertama adalah sunscreen yang berbahan dasar kimia dengan kandungan oxybenzone, octinoxate, octocrylene, dan bahan kimia sejenis lainnya. Sementara, jenis kedua adalah sunscreen dengan bahan dasar mineral yang dibuat dari titanium dioksida dan zink dioksida.

Keduanya memang sama-sama aman untuk digunakan pada kulit. Namun, sunscreen dengan bahan dasar mineral dinilai lebih bersahabat untuk pemilik kulit sensitif dan mudah berjerawat. Itu sebabnya bagi kalian para pemilik kulit sensitif yang punya jenis kulit berminyak atau berjerawat, sunscreen jenis mineral lebih cocok.

Memiliki Tekstur Ringan

Kita biasa menemui sunscreen seperti, krim, gel, dan lotion dengan tekstur yang kental dan encer. Bagi pemilik kulit wajah normal mungkin lumrah saja menggunakan sunscreen yang memiliki tekstur kental. Namun bagi kalian yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat, pilihlah sunscreen dengan tekstur yang ringan atau encer.

Hindari sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat yang berbahan krim sehingga membuat kulit menjadi terasa tebal atau lengket. Pilihlah tekstur encer berbentuk cairan, gel, atau semprotan. Jenis  ini sesuai untuk pemilik kulit berjerawat karena mudah terserap tanpa harus menutup pori-pori di wajah.

Pilihlah Produk Oil-Free atau Bebas Minyak

Kita sangat mengenali jenis kulit pada wajah kita sendiri, alangkah baiknya sebelum membeli suatu produk kita membaca keterangan produk terlebih dahulu. Bakteri penyebab jerawat akan semakin subur dengan adanya sebum berlebih di kulit. Selain sebum alami kulit, kandungan minyak di dalam produk tabir surya pun dapat memicu pembentukan jerawat.

Jadi, pilihlah produk sunscreen yang oil-free bagi kalian yang memiliki kulit berminyak. Tipe ini tidak akan menyumbat pori-pori sehingga tidak akan memperparah jerawat di kulit Anda. Saat ini pun cukup banyak sunscreen oil-free yang dapat Anda temukan di pasaran.

Memilih Produk Sunscreen yang Non-Comedogenic

Sebagian sunscreen memiliki formula non-comedogenic yang bertujuan mencegah terbentuknya komedo yang merupakan tahap awal dari jerawat. Hal tersebut juga dapat menjadi acuan bagi pemilik kulit wajah sensitif.

Namun meski suatu produk telah berlabel non-comedogenic, bukan berarti jerawat akan benar-benar menghilang atau tidak akan muncul kembali jika digunakan. Produk non-comedogenic bekerja dengan menghambat pembentukan jerawat.

Gunakan Sunscreen dengan SPF yang Tak Terlalu Tinggi

SPF atau Sun Protection Factor memiliki kemampuan melindungi kulit dari sinar UVB. Semakin tinggi SPF pada suatu sunscreen, makan semakin besar perlindungan terhadap kulit. Namun, semakin tinggi kadar SPF dan PA, maka akan semakin tinggi pula tingkat iritan sebuah produk tabir surya di kulit Anda. Pilihlah produk ber-SPF 20 hingga SPF 30 dan PA ++  karena tingkat iritannya akan relatif kecil.

Sunscreen dengan SPF 15 pun sebeneranya sudah dapat melindungi kulit dari terbakar matahari, baik untuk pemilik kulit normal ataupun berjerawat. Tetapi penggunaan SPF 20 hingga 30 juga dapat digunakan bagi pemilik kulit sensitive. Dengan begitu kamu dapat menggunakannya tanpa khawatir jerawat makin memburuk. Kadar ini sangat tepat untuk penggunaan sehari-hari sebagai pelindung kulit dari sinar UV.

Penggunaan sunscreen memang sangat dibutuhkan sebagai bentuk proteksi terhadap kulit wajah. Sinar matahari memancarkan dua jenis radiasi, yakni UVA dan UVB. Paparan sinar UVA dapat merusak kulit, menyebabkan penuaan dini, dan memicu kanker. Sementara itu, sinar UVB adalah sinar yang membuat kulit Anda menjadi gelap dan terbakar.

Sebagai bentuk menjaga dan melindungi kulit wajahmu, gunakan sunscreen merupakan hal yang tepat. Namun kita juga harus mengetahui jenis kulit pada wajah kita sendiri, bagi pemilik kulit sensitif yang memiliki kadar minyak berlebih, berkomedo dan berjerawat maka hati-hati dalam memilih produk. Semoga tips memilih sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat ini dapat membantu kalian dalam memilih produk sunscreen yang tepat dengan kulit wajahmu.