Masih Bingung Memilih Kuliah Online yang Tepat Untuk Karyawan? Ini Tipsnya

0
180
tips memilih kuliah online untuk karyawan
Sumber gambar: pixabay

Mendapatkan pendidikan setinggi-tingginya adalah hak setiap orang termasuk karyawan sekalipun. Akan tetapi dengan kesibukan yang padat kadang membuat seorang karyawan tidak memiliki waktu luang untuk bisa pergi ke universitas untuk mengambil perkuliahan secara reguler. Dijaman yang sudah maju dan canggih ini, permasalah jarak dan waktu tersebut sudah tidak akan berarti lagi karena ada pilihan kuliah online untuk yang tidak bisa mengambil kuliah secara reguler.

Saat ini sudah banyak universitas terbaik yang membuka perkuliahan secara  online salah satunya kuliah online al azhar. Dengan adanya sistem pembelajaran baru ini, siapapun bisa menikmati pendidikan bahkan orang sibuk seperti karyawan sekalipun. Nah, untuk anda seorang karyawan dan ingin mengambil kuliah online, berikut tips yang perlu diperhatikan.

Pertimbangkan Jurusan Sebelumnya

Latar belakang pendidikan menjadi salah satu hal yang penting diperhatikan sebelum memilih program kuliah online. Memilih jurusan atau program studi yang sejalan dengan latar belakang sebelumnya akan memudahkan memahami materi kuliah sehingga tidak perlu mengulang materi dari nol sehingga tidak akan mengganggu jadwal kerja yang sudah padat.

Selain latar belakang pendidikan sebelumnya, mempertimbangkan pekerjaan anda saat ini juga juga perlu anda perhatikan. Misalnya saja jika telah bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang manajemen atau keuangan, maka tidak ada salah memilih mengambil kuliah  jurusan akuntansi. Ini akan sangat berguna jika ingin naik jabatan atau meningkatkan performa kerja.

Tentukan Tujuan yang Jelas

Mengambil kuliah online sambil bekerja bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.  Jika tidak bisa membagi waktu dan fokus, bukan tidak mungkin malah akan menghancurkan keduanya. Maka dari itu penting sekali untuk menentukan tujuan yang jelas sebelum memutuskan mengambil tindakan tersebut.

Karyawan yang mengambil kuliah online biasanya memiliki banyak tujuan, ada yang karena ingin gelar, mempermudah promosi jabatan atau bahkan ada pula yang ingin meningkatkan keahlian di bidang yang ditekuni. Dengan menentukan tujuan yang jelas, akan memudahkan menentukan program studi yang tepat, merencanakan target dan masa studi yang cepat.

Cari Beberapa Pilihan Perguruan Tinggi

Setelah menentukan tujuan yang jelas, saatnya memilih di kampus mana anda akan mengambil kuliah online tersebut. Ada banyak pertimbangan yang bisa dilakukan sebelum memilih universitas mulai dari akreditasi, metode belajar dan juga biaya perkuliahan. Saat ini sudah banyak pilihan kampus terbaik, baik dari dalam maupun luar negeri yang menyediakan metode pembelajaran secara online salah satunya kuliah online al azhar.

Kuliah online di Universitas Al- Azhar mengusung metode pembelajaran blended learning. Metode ini merupakan percampuran antara kuliah reguler dan juga kuliah online. Itu artinya 70 persen materi perkuliahan akan diberikan secara online sedangkan sisanya akan disampaikan secara langsung. Ada beberapa jurusan yang bisa dipilih mulai dari jurusan manajemen, jurusan akuntansi, dan juga jurusan hukum.

Cek Biaya Perkuliahan

Selain memilih jurusan, memilih perguruan tinggi dan menentukan tujuan mengambil kuliah online, penting juga untuk mengecek biaya perkuliahan yang harus anda bayarkan setiap bulannya. Pastikan biaya perkuliahan online setiap bulannya tidak lebih besar dari pendapatan sebagai karyawan sehingga masih sanggup menutupinya.

Pada dasarnya biaya kuliah online jauh lebih murah dibandingkan kuliah reguler. Akan tetapi untuk mendapatkan harga yang terbaik, tidak ada salahnya membandingkan biaya dari beberapa kampus. Selain tergantung universitas, besarnya biaya kuliah juga bisa tergantung jurusan yang dipilih. Itu artinya antara satu jurusan dan jurusan lainnya akan berbeda. Contohnya saja jika mengambil kuliah jurusan akuntansi maka akan berbeda dengan yang mengambil jurusan manajemen.

Pastikan Memiliki Fasilitas dan Perlengkapan Belajar

Kuliah online menggunakan metode belajar e-learning. Itu artinya setiap materi perkuliahan akan disampaikan secara online, baik dengan download materi ataupun melakukan facetime langsung dengan pengajar. Untuk itu diperlukan fasilitas dan perlengkapan yang canggih dan pastinya terhubung dengan internet.

Untuk anda yang mengambil kuliah online, minimal harus memiliki perlengkapan berupa laptop atau komputer dan juga smartphone. Ini untuk memudahkan mengakses materi sehingga bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun tanpa harus mengganggu waktu bekerja. Dengan begitu anda bisa tetap menjalankan dua aktivitas secara beriringan tanpa ada yang harus dikorbankan.

Itulah informasi penting seputar tips memilih kuliah online untuk seseorang yang seseorang yang telah memiliki pekerjaan atau berstatus sebagai karyawan. Mengejar pendidikan sampai jenjang yang tinggi memang hak semua orang.

Akan tetapi agar bisa berjalan beriringan dengan aktivitas lainnya maka diperlukan pertimbangan dan perhitungan yang tepat. Maka dari itu agar kuliah tidak mengganggu pekerjaan, kuliah online al-azhar mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat bagi karyawan yang ingin melanjutkan pendidikannya.