Selain Sepatu Anak Sekolah Perempuan, Berikut Daftar Lengkap Perlengkapan Anak Masuk TK!

0
195
perlengkapan anak sekolah tk

Sekolah tidak hanya sebatas pada proses belajar mengajar antara anak dengan gurunya. Atau sekadar tempat bersosialisasi bagi anak dan temannya. Tapi ada cukup banyak hal yang perlu dipersiapkan. Apalagi bagi anak yang baru masuk sekolah Taman Kanak-kanak (TK). Berbagai persiapan itu mulai dari tas hingga sepatu. Eits, tapi sepatu anak sekolah perempuan dan laki-laki juga pasti berbeda dari segi motif maupun modelnya.

Sebenarnya, peralatan sekolah anak ini perlu dilengkapi agar anak bisa betah dan merasa nyaman di sekolah. Terlebih bagi anak TK, ini adalah momen sekolah pertamanya. Sehingga tak jarang sang anak cukup menuntut banyak hal.

Tidak perlu mahal, yang penting tidak rusak agar sang anak merasa nyaman. Dia juga punya apa yang dimiliki oleh teman-temannya agar tidak menimbulkan kecemburuan.

Apa saja sih peralatan yang diperlukan anak sekolah TK? Berikut daftar lengkapnya hanya untuk kamu.

1. Seragam Sekolah

Meskipun masih di jenjang sekolah TK, tetap saja ada beberapa sekolah yang menerapkan menggunakan seragam sekolah. Ketentuan ini bisa ditanyakan atau biasanya akan diberitahu saat masa pendaftaran sekolah.

Jika di sekolah tersebut menggunakan seragam sekolah, jangan lupa untuk memesankannya buat sang anak. Sebab perlengkapan yang satu ini wajib hukumnya.

2. Tas Sekolah Anak

Perlengkapan sekolah yang tak kalah penting adalah tas sekolah. Meskipun masih TK, anak juga punya banyak barang yang harus dibawa. Oleh sebab itu, pilihlah tas ransel yang nyaman, tidak terlalu besar tapi bisa muat banyak barang. Atau bisa juga membelikan anak tas dorong dengan ukuran yang praktis. Kalau terlalu besar membuat anak sulit membawanya setiap hari.

3. Alat Menggambar

Anak sekolah TK memang sehari-hari akan lebih banyak menggambar. Oleh sebab itu, orang tua harus menyiapkan perlengkapan gambar misalnya buku gambar, krayon, spidol, pensil warna, hingga rautan. Meskipun di beberapa sekolah biasanya disediakan, tapi akan lebih baik jika dipersiapkan sendiri agar anak tidak berebutan dengan temannya.

4. Kotak Bekal dan Tumbler

Perlengkapan yang satu ini sudah hampir pasti diperlukan oleh anak sekolah TK. Biasanya anak-anak TK membawa bekal sendiri dari rumah. Itulah mengapa kotak bekal dan botol minum sangat diperlukan. Lagipula, bekal dari rumah lebih terjamin kebersihan dan kesehatannya dibanding membeli di luar.

Tipsnya, memilih kotak bekal yang bentuknya lucu tapi tidak menghilangkan fungsi utamanya. Pilih juga botol minum yang ada sedotannya agar si kecil mudah saat minum.

5. Kaos Kaki

Kaos kaki penting agar anak merasa nyaman memakai sepatu. Biasanya anak perempuan akan suka mengenakan kaos kaki yang ada motif lucu dan senada dengan warna sepatunya. Sepatu anak sekolah perempuan juga biasanya memiliki motif-motif lucu. PIlihlah kaos kaki yang disukai anak namun bahannya tetap nyaman dipakai. Pilih juga kaos yang menyerap keringat anak agar tidak bau kaki.

6. Sepatu Sekolah

Sepatu sekolah juga tak kalah pentingnya. Sepatu anak sekolah perempuan dan laki-laki di jenjang pendidikan TK memang sedikit ada perbedaan. Sebab, di sekolah TK belum diwajibkan berwarna hitam, jadi masih bebas memilih motif dan warna yang disukai. Akan lebih baik memberikan kesempatan bagi sang anak untuk memilih sepatu dengan bentuk dan motif yang mereka inginkan.