Permasalahan Tenaga Kerja Di Indonesia Yang Harus Segera Di Atasi

0
159
diarylounge_Permasalahan-Tenaga-Kerja-Di-Indonesia

diarylounge.com, Permasalahan tenaga kerja di Indonesia memang tidak ada habisnya, masih banyak masnyarakat yang masih tidak memiliki pekerjaan dan bekerja dengan hasil yang tidak sebanding. Lulusan perguruan tinggi saja masih banyak yang menganggur lalu bagaimana dengan meraka yang mengandalkan ijazah SMA?.

Selain sulitnya mendapatkan pekerjaan, masih banyak perusahaan yang belum dapat mensejahterakan karyawanya atau pekerjaan dengan sistem kontrak. Hal tersebut tentu saja masih termasuk kedalam pr pemerintah yang akan memberikan pekerjaan yang layak untuk masyrakatnya, berikut ini adalah permasalahan tenaga kerja yang ada di Indonesia.

Jumlah Angkatan Kerja Yang Tidak Sebanding

Di Indonesia hampir setiap tahun lahir lulusan baru dari perguruan tinggi dengan berbagai gelar, biasanya gelar tersebut di gunakan sebagai modal mencari pekerjaan yang selayak mungkin. Namun banyaknya angkatan kerja yang baru setiap tahunya tidak sebanding dengan kesempatan dan lowongan kerja yang ada di Indonesia, sehingga seringkali banyak lulusan perguruan tinggi dengan berbagai gelar menjadi menganggur.

Mutu Tenaga Kerja Yang Relatif Rendah

Meskipun banyak lowongan kerja di Indonesia, akan tetapi banyak tenaga kerja di Indonesia yang tidak memenuhi kriteria. Mereka tidak memiliki mutu dan kualitas yang di butuhkan, sehingga banyak perusahaan yang menolak para calon karyawan tersebut dengan alasan tidak memiliki kemampuan yang layak.

Persebaran Tenaga Kerja Yang Tidak Merata

Tidak sedikit orang yang ingin bekerja namun tidak mau keluar dan jauh dari tempat tinggalnya, misalkan kerja merantau beda kota atau beda pulau. Padalah hal tersebut dapat menjadi pengalaman kerja yang sangat baik meskipun jauh dari keluarga, akan tetapi masih banyak orang yang berpikir lebih baik gajih kecil di tempat sendiri dari pada gajih besar di kampunhg orang. Pemikiran seperti membuat persebaran tenaga kerja menjadi tidak merata.

Kemampuan Yang Tidak Sesuai Dengan Tempat Bekerja

Misalanya ada orang yang memiliki kemampuan mekanik, namun dia memiliki pekerjaan di bidang lainya seperti restoran misalnya. Hal tersebut tentu saja membuat kinerja dari orang tersebut menjadi tidak efektif, karena pekerjaan akan efektif jika kita memang ahli di bidang tersebut.

Rendahnya Upah Yang Diterima Pekerja

Masih banyak perusahaan yang memberikan upah atau gajih yang sangat minim dan tidak sebanding dengan pekerjaan, untuk orang yang membutuhkan uang upah berapapun bukan masalah yang berarti. Namun hal ini termasuk permasalahan tenaga kerja di Indonesia yang cukup banyak di temukan, mirisnya masih banyak orang yang bertahan dengan situasi tersebut.

Kurangnya Perlindungan Terhadap Tenaga Kerja

Masih banyak pekerjaan di Indonesia yang memiliki resiko sepihak seperti pemutusah tenaga kerja secara sepihak, hal tersebut tentu menjadi momok yang menakutkan bagi para karyawan dan buruh. Namun kurangnya perlindungan menjadikan hal tersebut masih saja terjadi, dan lagi-lagi masyarakat yang menjadi di rugikan.

Serangan Tenaga Kerja Asing

Sulitnya mendapatkan pekerjaan di negeri sendiri makin di persulit dengan datangnya tenaga kerja asing, hal ini tentu saja menjadi masalah serius bagi pemerintah dan masyarakat. Datangnya tenaga kerja asing di sebabkan oleh kualitas dan kemampuan tenaga kerja kita tidak atau belum memiliki kriteria, sehingga membuat tenaga kerja asing dapat dengan mudah bekerja di negara kita.

Mental Yang Buruk

Masih banyak tenaga kerja di Indonesia yang memiliki mental yang buruk, sehingga membuat penyedia tenaga kerja atau perusahaan enggan asal-asalan memerkerjakan karyawan. Sehingga mereka meninggikan standar dan kriteria untuk calon karyawan, agar orang-orang yang memiliki mental yang berkualitas yang di pekerjakan.

Nah itulah permasalahan tenaga kerja di Indonesia yang masih harus di selesaikan, semua ini perlu kesadaran semua pihak agar permasalahan ini terselesaikan.