Mudah Didapatkan, 8 Bahan Alami ini Bantu Redakan Gejala Alergi

0
9
Ciri-ciri orang yang mengalami alergi
Cara meredakan gejala alergi

Diarylounge.com – Dalam dunia kesehatan sudah sangat lumrah tentunya mendengar kata alergi. Hal itu merupakan reaksi system kekebalan tubuh manusia terhadap sesuatu yang dianggap asing. Reaksi alergi yang muncul tentu berbeda pada tiap-tiap orang. Mulai dari reaksi yang ringan seperti bersin-bersin, ruam merah disertai gatal hingga, hingga reaksi sesak nafas.

Kondisi kelainan kesehatan ini umumnya terjadi pada anak-anak dan biasanya akan mereda seiring bertambahnya usia. Namun pada beberapa orang masih muncul meskipun sudah berusia dewasa. Beberapa allergen umumnya yaitu debu, bulu hewan peliharaan, gigitan serangga, paparan ulat bulu, kacang, obat-obatanm, tanaman dan masih banyak lainnya.

Lalu adakah bahan-bahan alami untuk meredakan alergi? Berikut bahan alami yang bisa digunakan.

  1. Yogurt

Yogurt bisa menjadi antihistamin alami yang manjur karena memiliki kandungan probiotik yang tinggi. Adapun penelitian yang menyebutkan yogurt dapat membantu mengurangi gejala rhinitis alergi. Antihistamin sendiri berfungsi untuk menghentikan respons berlebihan sistem imun terhadap paparan alergen. Probiotik yang kaya akan bakteri baik dapat membantu meredakan respons sistem imun terhadap alergen.

  1. Madu

Madu juga bisa jadi obat alami penderita alergi, beberapa orang mempercayai dan sudah merasakan khasiat dari madu ini. Namun sebelum mencoba pastikan kalian tidak memiliki alergi terhadap madu, sebab reaksi yang dirasakan bisa semakin parah.

  1. Nanas dan Pepaya

Jika alergenmu adalah debu, tungau, atau lainnya yang menyebabkan peradangan pada saluran pernapasan maka konsumsilah nanas dan papaya. Buah ini diketahui dapat membantu meredakan gejalanya. Ini karena keduanya kaya akan enzim yang disebut bromelain yang punya sifat anti radang.

  1. Jambu Biji

Jambu biji kaya akan kandungan vitamin C yang juga bermanfaat untuk meredakan gejala gatal dan bersin. Hal itu juga diperkuat dengan berdasarkan penilitan yang ada. Meskipun efek yang didapat tidak terbilang signifikan, vitamin C berpotensi mengurangi pelepasan histamine yang merupakan senyawa alami yang dihasilkan sistem imun.

  1. Bawang Bombai dan Tomat

Obat alami lainnya juga dapat kalian temukan dengan mudah dirumah, seperti bawang bombai dan tomat. Keduanya bahan tersebut kaya akan zat alami bioflavonoid. Zat tersebut adalah antioksidan yang melindungi sel tubuh dari kerusakan dan juga berpotensi menstabilkan sel-sel tubuh yang bereaksi berlebihan ketika terpapar alergen.

  1. Spirulina

Spirulina merupakan alga biru kehijauan yang tumbuh di perairan. Selain dikenal padat zat gizi, spirulina juga berpotensi menjadi obat alami melawan alergen karena mampu menghambat pelepasan zat kimia yang menyebabkan gejala alergi.

  1. Lidah Buaya

Tentu kalian sudah sering mendengar dan melihat tanaman lidah buaya. Lidah buaya memiliki banyak khasiat yang salah satunya juga bisa mengatasi kulit kemerahan saat kalian terpapar alergen. Tidak hanya itu, lidah buaya juga mampu meredakan rasa gatal pada kulitmu. Kalian cukup mengoleskan gel lidah buaya secara langsung pada kulit yang mengalami alergi.

  1. Mentimun

Bahan alami satu ini juga sangat tidak asing di dengar yaitu mentimun. Paparan allergen yang menyerang kulit dapat diobati dengan mentimun. Kandungan astringent pada mentimun bisa meredakan ruam merah dan gatal pada kulit. Caranya menggunakannya cukup dengan memotong tipis mentimun dan oleskan pada kulit yang ruam dan gatal. Bisa juga dengan menghancurkan mentimun dan di campur dengan yogurt lalu balurkan ke kulitmu kemudian bilas.

Itulah berbagai bahan alami yang bisa membantumu meredakan gejala alergi. Meski begitu kamu tetap perlu mengimbanginya dengan mengonsumsi bahan-bahan alami lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh.