Spesifikasi Lengkap dan Harga Mobil Sigra

0
161
harga mobil sigra

Kemunculan Daihatsu Sigra di pasar otomotif membuat persaingan ketat untuk segmen MPV LCGC. Harga mobil Sigra ini juga tergolong bersaing apalagi dilihat dari spesifikasi yang dimilikinya.

Saudara kembar Toyota Calya ini resmi dirilis pada bulan Agustus 2016 lalu di acara Gaikindo Indonesia Inteernational Auto Show (GIIAS) di tahun tersebut. Kehadirannya bahkan sudah ditunggu sejak lama dan disebut-sebut menjadi pesaing Datsun Go+ sebagai mobil LCGC 7 penumpang yang sudah dipasarkan sebelumnya.

Mobil Sigra memiliki beberapa varian yaitu Sigra D, Sigra M, Sigra R, serta Sigra X dengan masing-masing harga yang berbeda. Mobil pabrikan Jepang ini memiliki kompoen mesin, spesifikasi, serta bermacam fitur yang cukup berkualitas dan menarik.

Desain eksterior

Daihatsu Sigra mengusung konsep desain yang elegan. Pada sektor depan dengan adanya deretan headlamps dan lampu sein yang terpasang manis. Selain itu, bumper depan Sigra ini memiliki desain bergaya sporty karena dikolaborasikan dengan Grille Trapezoidal dengan rancangan modern lengkap dengan aksen garnish krom pada lampu kabut horizontalnya.

Mobil ini terlihat semakin stylish dengan bagian samping yang memiliki tarikan garis dan lekukan halus. Lampu model huruf L terbalik terdapat di bagian buritannya dengan kombinasi reflector horizontal di pintu bagasi. Di bagian kiri bawah pintu bagasi terpasang dengan rapi logo Astra Daihatsu Motor, membuat tampilan mobil ini menjadi terlihat mewah. Sedangkan nama SIgra sendiri terpasang di sudut kanan bawah pintu bagasinya.

Desain interior

Bagian kabin dari Daihatsu Sigra memberikan ruang yang cukup lega dan luas, bahkan bisa menampung 7 penumpang. Jarak headroom juga cuup lapang. Volume bagasi bahkan mencapai 263 liter. Sedangkan dashboard Sigra ini memiliki gaya dengan desain sederhana namun terkesan modern dan futuristik.

Tuas transmisinya didesain menempel di dashboard serta lingkar kemudi dengan desain yang hampir mirip dengan Great New Xenia. Bagian tengah dashboard terpasang dan tertata rapi tombol pengatur AC serta layar multi information display di panel instrumennya.

Khusus Sigra dengan varian tertinggi, dashboardnya mengusung desain dengan gaya akses two-one serta dilengkapi piranti hiburan 2DIN yang diapit oleh kisi-kisi AC.

Ciri khas mobil LCGC adalah konsep bangku pada jok baris pertama menyatu dengan headrest. Tidak ada konsol di antara kedua bangku depan. Pada baris kedua, mobil ini dilengkapi dengan headrest yang memungkinkan untuk diatur sedemikian rupa. Terdapat tuas one touch tumble sehingga dapat melipat kursi dengan satu gerakan.

Pada baris ketiga, ruang kaki juga cukup luas. Spesifikasi mobil sigra ini juga punya bangku yang terlihat menyatu dan dapat dilipat untuk memperluas ruang bagasi.

Mesin yang Gahar

Daihatsu Sigra ini mengusung dua tipe mesin sesuai dengan variannya. Mesin 1.0 liter untuk Sigra D dan Sigra M. Sedangkan mesin 1.2 liter diusung oleh Sigra X dan Sigra R.

Mesin 1.0 liter menggunakan mesin DOHC VVT-I 3 selinder dengan 12 katup yang memiliki kapasitas 998 cc dengan daya tenaga hingga 67 Ps di putaran ke 6.000 rpm dengan maksimum torsi mencspai 8.7 Mn untuk setiap putaran 3.600 rpm. Meisn disalurkan melalui sistem transmisi manual 5-percepatan. Konsumsi bahan bakar pada mesin ini lebih hemat dengan kompresi akan meningkat yaitu 10.5:1 oleh karena menggunakannya tipe VVT-I. Sehingga tidak disarankan menggunakan bahan bakar yang memiliki oktan 88 alias premium.

Sedangkan mesin tipe 1.2 liter mengusung tipe 3NR-VE DOHC Dual VVT-I 4 silindir 16 katup yang mempunyai kapasitas hingga 1.197 cc. Mesin varian 1.2 liter ini mampu menghasilkan tenaga hingga 88 Ps di putaran 6.000 rpm dan mencapai torsi maksimal hingga 108 Kgm di putaran 4.200 rpm.

Dimensi Luas

Mobil Daihatsu Sigra ini memiliki bentuk fisik yang bongsor dengan ukuran panjang 4.070 mm, tinggi 1.600 mm, serta lebar 1.655 mm. Jarak terendah ke tanah (ground clearence) mencapai 180 mm. Suspensi Sigra ini juga kokoh dengan mengandalkan suspensi MacPherson Strut. Di bagian belakang mengusung suspensi Torssion Beam yang terpasang kokoh per ulir sehingga menghasilkan peredaman yang lembut.

Sigra juga menggunakan fitur pengereman yang handal dengan menggunakan rem cakram untuk bagian depan dan sistem pengereman belakang menggunakan rem tromol. Sigra menggunakan roda dengan ring 13 untuk varian terendah dan menggunakan alloy ring 14 untuk varian tertinggi.

Fitur yang Canggih

spesifikasi mobil sigra

Fitur keselamatan dan keamanan mobil tipe LCGC harus menjadi perhatian. Untuk menunjang kenyamanan dan keselamatan penumpang, Sigra dilengkapi dengan rem ABS, Brake Assist, Air Bags, serta pelindung benturan di sisi samping serta crash sensor dan juga sabuk pengaman.

Mobil Sigra juga dilengkapi dengan alarm antimaling dan centra lock. Ada juga fitur hiburan dengan menghadirkan Audio-visual, Powerr steering, AC, Audio 2 DIN, serta port soket USB dan bluetooth.

Harga Mobil Sigra

Setelah mengetahui spesifikasi lengkapnya, maka penting mengetahui harga mobil Sigra ini. Dengan semua spesifikasi mobil Sigra ini, maka harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau. Untuk varian terendah, Daihatsu Sigra D dijual dengan harga mulai Rp 106.600.00 dan varian tertinggi dibanderol dengan harga di kisaran Rp 147.350.000. Harga tersebut tentu saja bisa berubah-ubah, sesuai dengan kota dan waktu pembelian.