Banyak Manfaat untuk Kesehatan, Berikut 9 Khasiat Air Mineral yang Harus Diketahui

0
56
khasiat air mineral

Air mineral tentu saja berbeda dengan air putih biasa. Perbedaannya terletak pada kandungannya yang berbeda. Selain dari segi kandungan, ternyata khasiat air mineral pun tentunya juga berbeda.

Air putih merupakan air yang biasa kita dapat dari keran yang direbus dulu sebelum diminum. Di dalamnya terkandung satu atom hidrogen dan dua atom hidrogen. Sedangkan air mineral mengandung mineral alami dan buatan.

Tidak semua air yang berasal dari sumber alam dianggap sebagai air mineral. Air putih biasa bisa juga dirubah menjadi air mineral dengan menambahkan nutrisi di dalamnya. Komponen mineral yang ditambahkan seperti seng (zinc), kalsium, magnesium, dan zat besi.

Manfaat Air Mineral

Melihat perbedaan yang sudah disebutkan, tentu saja dibanding air putih biasa, air mineral lebih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

  • Meningkatkan kesehatan tulang

Wanita biasanya menderita tulang keropos dan merasa sakit ketika sudah memasuki masa menopause. Menurut sebuah studi yang ada di jurnal ilmiah populer, ternyata kalsium dalam air mineral dapat menjaga kepadatan tulang dan mencegah berkembangnya penyakit tulang osteoporosis. Penyakit tulang keropos bisa dicegah dengan rutin konsumsi air mineral secara teratur.

  • Menurunkan berat badan

Perlu diketahui bahwa khasiat air mineral dan air putih lainnya tidak mengandung lemak dan juga kalori. Orang yang memiliki berat badan berlebih bisa memilih diet air mineral. Selain menjaga jumlah kalori yang masuk dalam tubuh, tubuh juga tetap terhidrasi.

  • Membantu pencernaan

Pencernaan mudah dan akan terbantu dengan minum air mineral. Kandungan sulfat yang ada di dalamnya membantu kerja pankreas melepskan enzim mylase, protoase, maupun lipase sehingga pencernaan makanan jadi lebih terbantu.

  • Menurunkan tekanan darah

Kandungan magnesium dalam air mineral berperan penting dalam meningkatkan tekanan darah normal. Pasien yang terkena hipertensi dengan kadar magnesium rendah, tekanan darahnya dapat menurun setelah meminum 1 liter air mineral.

  • Mengurangi risiko batu ginjal

Air mineral dianjurkan untuk dikonsumsi karena dapat membantu mencegah penyakit batu ginjal. Penyakit ini umumnya disebabkan oleh kalsium oxalate yang konsentrasinya dapat dikurangi dengan kalsium dan magnesium yang terkandung dalam air mineral.

  • Menjaga kecantikan kulit

Air mineral pegunungan dapat memperlambat pembentukan kerutan kulit. Sebab air mineral mengandung silika yang tingi yang dapat memperkuat sel kenyal apda kulit. Itulah kenapa dengan memperbanyak minum air mineral, kulit kamu tetap kenyal dan cantik.

  • Menjaga kinerja otot

Air mineral memang kaya akan magnesium yang dapat membantu kinerja otot. Otot bisa rileks dan berkontraksi dengan baik dengan adanya magnesium dari air mineral. Sehingga bila tubuh kekurangan magnesium, wajar otot mengalami kram dan sakit.

  • Menurunkan tingkat kolesterol

Faktor terbesar dari masalah jantung adalah kolesterol jahat LDL. Risiko masalah jantung akan berkurang dengan konsumsi air mineral secara teratur dikarenakan kandungan yang ada seperti potassium dan juga magnesium.

  • Menjaga keseimbangan elektrolit

Khasiat air mineral lainnya adalah menjaga keseimbangan elektrolit. Tubuh terhindar dari dehidrasi karena adanya elektrolit berupa garam, seperti bicarbonate, potasium, sodium, dan klorida, yang membantu sel tubuh dalam menyerap air. Mineral adalah sumber terbaik elektrolit yang akan membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.