Jenis Makanan Tidak Sehat untuk Dikonsumsi Menurut WHO

0
60
Makanan Tidak Sehat
Gambar: makanasehatdanbergizitinggi

Diarylounge.com, Pengertian makanan tidak sehat adalah makanan yang tidak mengandung gizi seimbang, hanya memiliki sedikit serat dan sedikit zat yang dibutuhkan untuk perkembangan tubuh.

Bila dilihat dari kandungan gizinya, makanan tidak sehat adalah makanan yang kurang memiliki kadar karbohidrat, protein, mineral, vitamin, dan lemak tak jenuh. Makanan tidak sehat sangat jauh dari sebutan makanan empat sehat lima sempurna.

Makanan tidak sehat bila dikonsumsi dapat menimbulkan berbagai dampak negatif seperti timbulnya penyakit, menghambat perkembangan tubuh, mengurangi kecerdasan otak, mengurangi fungsi gerak anggota badan, bahkan dapat menimbulkan kematian.

Beberapa makanan tidak sehat dan mengancam kesehatan tubuh, diantaranya:

1. Gorengan
Kandungan kalori pada gorengan terbilang tinggi. Begitu juga dengan kandungan lemak dan oksidan, keduanya terbilang tinggi. Gorengan dapat menjadi makanan tidak sehat apabila dikonsumsi secara sering karena dapat menyebabkan obesitas, memicu hyperlipitdema dan dapat menjadi salah satu penyebab penyakit jantung koroner.

2. Makanan Kalengan
Secara fisik, makanan kalengan terlihat lebih menarik dan mengundang hasrat untuk makan. Makanan kalengan tidak memiliki gizi memadai seperti ketika masih belum dikaleng.

Nilai gizinya sudah berkurang sangat drastis. Kandungan vitamin dan protein makan kalengan kebanyakan sudah rusak saat proses pengalengan itu dilakukan.

3. Makanan Asinan
Seperti halnya buah kalengan yang memiliki kadar gula tinggi, makanan asinan juga termasuk makanan tidak sehat karena mengandung kadar garam tinggi. Hal itu terjadi karena pada saat proses pengasinan dibutuhkan tambahan garam dalam jumlah sangat banyak.

Makanan yang memiliki kadar garam melebihi batas normal akan menambah beban salah satu organ dalam tubuh yaitu ginjal. Selain itu juga dapat merusak usus dan selaput lendir pada lambung. Makanan asinan juga rentan memicu hipertensi atau penyakit darah tinggi. 

4. Daging Olahan
Daging Olahan menjadi makanan tidak sehat dikarenakan bahan tambahan pada saat proses pengolahan dilakukan. Penambahan bahan pengawet dan pewarna pada makanan ini menambah beban hati menjadi semakin berat.

Makanan-makanan ini juga mengandung amonium nitrit yang menjadi salah satu penyebab kanker. Mengkonsumsinya secara sering dan dalam jumlah banyak menjadikan tekanan darah kurang stabil dan kinerja ginjal terganggu.

5. Daging berlemak dan Jerohan
Daging berlemak dan jerohan bisa jadi menjadi makanan yang mengundang selera ketika diolah dan disajikan secara indah. Makanan ini banyak memang mengandung banyak protein, vitamin dan mineral.

Menjadi tidak sehat karena makanan ini memiliki kandungan lemak jenuh dan kolesterol dalam jumlah yang tinggi. Mengkonsumsinya dalam jumlah besar bisa memicu timbulnya penyakit jantung koroner, kanker usus besar dan lain-lain.

6. Olahan Keju
Berbagai macam cake dan kue adalah sebagian makanan yang memiliki bahan dasar keju. Bila dimakan secara wajar, olahan keju akan bermanfaat bagi tubuh.

Namun olahan keju bisa menjadi makanan tidak sehat dan menjadi pemicu berbagai masalah bila dikonsumsi berlebihan. Olahan keju bisa menjadikan berat badan meningkat, gula darah naik, gairah makan menurun yang mengakibatkan perut menjadi kosong sehingga rentan terhadap berbagai macam penyakit.

7. Mi Instan
Ada banyak sekali bahaya mengkonsumsi Mi instan yang membuat makanan ini masuk dalam kategori makanan tidak sehat. Hal ini tidak lepas dari berbagai bahan baku dan bahan pelengkap yang digunakan dalam pembuatan Mi instan.

Mi instan memiliki kandungan natrium yang tinggi yang dapat meningkatkan risiko penyakit kanker dan meningkatkan tekanan darah.

8. Makanan yang Dipanggang atau Dibakar
Kelezatan makanan panggang atau bakar seperti aneka sate dan aneka ikan bakar memang tak diragukan lagi. Apalagi jika perut dalam keadaan lapar, tentu akan lebih terasa lagi nikmatnya.

Ternyata dibalik nikmatnya makanan panggang atau bakar, tersembunyi bahaya yang selalu mengintai. Makanan enak ini termasuk makanan tidak sehat.

Lemak yang terbakar tersebut menimbulkan suatu zat yang dinamakan zat karsinogen. Dalam dunia kesehatan zat karsinogen terkenal sebagai zat yang dapat menyebabkan penyakit kanker atau meningkatkan risiko terkena penyakit kanker.

9. Makanan Manis Beku
Kebanyakan orang hanya beranggapan bahwa menyimpan makanan manis seperti es krim, cake mentega, coklat manis dan lainnya dalam lemari es hingga membeku akan membuat makanan awet, tidak cepat basi, dan tetap sehat dikonsumsi.

Makanan manis seperti contoh diatas adalah makanan tidak sehat karena tetap mengandung kalori tinggi yang dapat memicu kegemukan sekalipun telah disimpan sampai membeku. Kadar gula dalam makanan tersebut juga tidak berkurang, tetap tinggi dan dapat membuat nafsu makan berkurang.

10. Manisan Kering
Manisan kering cenderung mengandung garam tinggi yang mengakibatkan meningkatnya tekanan darah serta memperberat kinerja ginjal.

Kesimpulan

Pengertian makanan tidak sehat adalah makanan yang tidak memiliki kandungan gizi seimbang, memiliki sedikit serat dan memiliki sedikit zat yang dibutuhkan tubuh. Makanan tidak sehat adalah kebalikan dari makanan sehat yang sering disebut dengan empat sehat lima sempurna.

Demi terjaganya kesehatan tubuh, mari hindarkan diri kita dan keluarga kita dari mengkonsumsi makanan tidak sehat dan beralih pada pola makan makanan sehat.

Selain makanan yang sudah jelas tidak sehat, ada pula lho yang seolah menyehatkan namun sebetulnya tidak, apa sajakah itu?

Makanan Sehat yang Tidak Sehat

Beberapa jenis makanan yang kita kira sebagai makanan sehat ternyata tidak sesehat yang kita bayangkan. Artinya, bila kita ingin mengurangi berat badan atau ingin mendapatkan nutrisi yang lebih baik. Apakah makanan-makanan itu?

Makanan Seolah Sehat Padahal Tidak
Gambar: Kompas

1. Teh hijau kemasan atau dalam botol
Teh hijau adalah sumber antioksidan yang memberi manfaat kesehatan bagi tubuh. Namun itu hanya berlaku bagi teh hijau yang memang kita seduh dari daun teh asli. Sebaliknya, teh hijau dalam kemasan atau botol yang banyak dijual di pasaran ternyata tak sesehat yang kita kira.

2. Kacang polong kaleng
Kacang polong adalah makanan sehat. Tapi versi yang dikalengkan seringkali mengandung banyak gula dan sirup untuk mengawetkannya dan memberi rasa. Artinya ada tambahan kalori cukup besar dalam kemasan itu.

3. Keripik pisang
Sekali lagi, pisang dalam bentuk buah tanpa melalui pemrosesan adalah makanan yang lebih sehat. Pisang adalah sumber potasium, vitamin C, dan serat.

Namun setelah digoreng menjadi keripik atau pisang goreng, nutrisinya akan berkurang. Selain itu kalorinya akan bertambah.

4. Susu beras
Susu beras mirip susu kedelai namun dibuat dari beras. Minuman ini sebenarnya tinggi karbohidrat dan mengandung sedikit saja protein dan kalsium. Orang seringkali menjadikannya alternatif daripada minum susu yang tinggi lemaknya.

5. Keripik beras
Keripik beras pernah dianggap sebagai makanan yang cocok bagi mereka yang sedang berdiet. Padahal ternyata itu keliru. Selain tidak memiliki banyak kandungan serat dan sodium, keripik beras ternyata mengandung karbohidrat dalam kepadatan tinggi, artinya dibanding beratnya yang ringan, kandungan karbohidratnya ternyata besar.

6. Trail mix
Trail mix adalah kudapan yang selama ini dpercaya sebagai makanan sumber energi. Biasanya ia dibuat dari campuran karbohidrat, protein dan serta yang disatukan menjadi energi bar.

7. Instant oatmeal
Oatmeal adalah makanan sehat, tentu bila kita membuatnya dari oatmeal ditambah buah segar atau sedikit madu. Tapi oatmeal instant yang ditambahi berbagai rasa, akan berkurang manfaat kesehatannya karena kebanyakan produk ditambahi gula dan sodium dalam jumlah yang cukup banyak.

Sudah sehatkah makanan yang dikonsumsi? jika tidak bagaimana dengan resiko sakit yang bisa saja terjadi akibat makanan tidak sehat yang dikonsumsi?