Inilah Camilan Sehat dan Aman yang Bisa Jadi Makanan Bayi 9 Bulan

0
1239
Variasi Makanan Bayi 9 Bulan
Makanan Bayi 9 Bulan

Diarylounge.com, Melihat perkembangan kesehatan bayi, merupakan kebahagiaan tersendiri bagi setiap orang tua.  Bisa memantau detik demi detik setiap perkembangannya sangatlah berharga sehingga menjadi momen indah tersendiri.

Para orang tua selalu ingin jika perkembangan anak selalu ke arah positif, terlebih ketika bayi sudah mulai injak usia 9 bulan dimana dirinya sedang lucu-lucunya.

Salah satu pengaruh besar pada pertumbuhan bayi tentu saja makanan. Kamu bisa memberikan makanan bayi 9 bulan yang tepat sehingga pas untuk usia dan kebutuhannya.

Makanan Pendamping ASI
MPASI

Ketika usia bayi sudah capai di umur 6 bulan, maka orang tua sudah seharusnya memberikan si kecil berupa makanan tambahan. Dengan demikian, maka nutrisi dari bayi akan lebih tercukupi.

Ketika baru belajar makan, maka anak hanya akan disuguhkan dengan makanan bertekstur lembek seperti bubur, namun ketika dirinya sudah mulai menginjak 7 bulan ke atas, maka makanan yang diberikan kepadanya sudah bisa lebih variatif dengan tekstur lebih keras dan bisa meningkat seiring pertumbuhannya.

Buat Kamu yang saat ini sedang bingung memberikan variasi makanan untuk bayi usia 9 bulan, berikut ini beberapa pilihan yang bisa Kamu sajikan untuknya:

Sup kentang

Makanan Pendamping ASI Sup Kentang
Sup Kentang

Yang pertama ada sup kentang dimana kentang bisa jadi sumber energi yang amat baik untuk anak. Kentang pun bisa dijadikan sup yang lezat dan menyehatkan untuk bayi.

Kandungan senyawa yang ada di kentang sangat bisa diberikan pada anak usia 9 bulan. Namun untuk bisa menjadikannya sup untuk bayi, maka tumbuk dulu kentang sampai halus sehingga dirinya bisa lebih mudah dalam mencerna.

Bubur beras merah

MPASI Bubur Beras Merah
Bubur Beras Merah

Memberikan nasi putih terlalu banyak tentu tidak baik. Jadi makanan bayi 9 bulan lainnya yang bisa Kamu berikan adalah bubur beras merah.

Bubur ini lebih mudah untuk dicerna dan sangat populer karena nutrisinya yang begitu banyak dan resepnya yang mudah untuk dibuat. Beras merah pun aman ketika dikonsumsi semua kalangan, apalagi bayi. Kamu bisa lebih menghaluskannya dulu sehingga bisa aman dalam pencernaannya.

Nasi tim brokoli tambah wortel

MAPSI Nasi Tim Brokoli Tambah Wortel
Nasi Tim Brokoli Tambah Wortel

Kenalkan anak dengan beragam sayur sehingga dirinya bisa lebih suka dan kenal pada macam-macam sayur. Nasi tim bisa jadi pilihan sebagai makanan pendamping ASI. Untuk menambahkan nutrisi maka berikan juga brokoli serta wortel yang memiliki kandungan vitamin A.

Untuk memudahkan konsumsi bayi, maka Kamu bisa menumbuknya atau dengan mengiris sampai ukurannya kecil. Jangan lupa jika Kamu harus bersihkan wortel hingga benar-benar bersih.

Bubur beras tuna sayur

MPASI Bubur Beras Tuna Sayur
Bubur Beras Tuna Sayur

Sayur amat sangat penting diberikan kepada bayi, terkhusus untuk mereka yang sudah mulai makan makanan pendamping ASI. Kamu bisa membuatkan bubur beras seperti biasa.

Agar rasanya lebih bervariasi, Kamu bisa menambahkan sayur berupa bayam hingga tambahan ikan tuna yang punya kandungan DHA di dalamnya sehingga bisa maksimalkan pemberian nutrisinya.

Bubur kentang tahu

MPASI Bubur Kentang Tahu
Bubur Kentang Tahu

Kenalkan si kecil dengan rasa tahu menggunakan menu bubur kentang tahu. Kamu hanya cukup memblender atau bisa juga dengan mengulek kentang rebus bersama tahu putih lalu dimasak dengan sedikit tambahan bumbu.

Memang semua makanan bayi 9 bulan tersebut sangat mudah dibuat, namun kadang waktu yang tidak memungkinkan. Jika demikian, maka Kamu juga bisa memberikannya makanan bayi yang instan dimana kini sudah bisa dipesan langsung di situs belanja online dengan mudah.