Ifreeindonesia.com, Pereda Nyeri Haid Paling Kekinian

0
16
pereda nyeri haid

Premenstrual syndrome (PMS) adalah kumpulan gejala fisik dan emosional yang dimulai sekitar seminggu sebelum menstruasi. Sindrom ini membuat beberapa wanita merasa lebih murung dari biasanya dan terkadang terasa kembung dan pegal.

Bagi sebagian wanita, PMS juga dapat menyebabkan perubahan suasana hati pada minggu-minggu menjelang menstruasi. Perubahan suasana hati melibatkan perubahan mood yang tiba-tiba dan sulit untuk dijelaskan. Anda mungkin bangun dalam suasana hati yang  bahagia tetapi dalam satu atau dua jam kemudian, anda mendapati diri anda menjadi marah atau mudah tersinggung. Kadang seseorang tidak menyadari bahwa ia sedang pada masa PMS. 

Gejala emosional PMS lainnya dapat meliputi, kesedihan, sifat cepat marah, gelisah, marah. Ada dua kondisi lain yang juga dapat membuat anda merasa lebih murung sebelum menstruasi. Pertama, gangguan dysphoric pramenstruasi (PMDD). PMDD sangat mirip dengan PMS, tetapi gejalanya lebih parah dan cenderung melibatkan emosi. Bagi sebagian orang, ini menyebabkan perubahan suasana hati yang intens yang mengganggu kehidupan sehari-hari. Sementara penelitian terbaru memperkirakan sekitar 75 persen wanita memiliki PMS selama masa reproduksinya, hanya 3 hingga 8 persen yang memiliki PMDD. Kedua, eksaserbasi pramenstruasi. Ini mengacu pada ketika gejala dari kondisi yang ada, termasuk kecemasan, gangguan bipolar, atau depresi, menjadi lebih buruk dalam beberapa minggu atau hari menjelang menstruasi. Sekitar setengah dari semua wanita yang menerima pengobatan untuk PMS juga mengalami depresi atau kecemasan.

Mengapa hal itu terjadi?

Para ahli tidak yakin tentang penyebab pasti PMS, tetapi kemungkinan terkait dengan fluktuasi hormon yang terjadi selama paruh kedua siklus menstruasi. Ovulasi terjadi sekitar setengah dari siklus menstruasi. Selama waktu ini, tubuh melepaskan sel telur, menyebabkan kadar estrogen dan progesteron turun. Pergeseran hormon-hormon ini dapat menyebabkan gejala fisik dan emosional. Perubahan kadar estrogen dan progesteron juga memengaruhi kadar serotonin. Serotonin adalah neurotransmitter yang membantu mengatur suasana hati, siklus tidur, dan nafsu makan. Tingkat serotonin yang rendah berkaitan dengan perasaan sedih dan mudah marah, di samping itu ada kesulitan tidur dan nyeri perut, semua gejala PMS yang umum terjadi.

Emosi yang tidak stabil akan bertambah parah ketika ditambah dengan nyeri perut. Hal ini perlu dicegah agar tidak mengganggu aktivitas bekerja dan juga tidak membuat orang lain kesal pada perubahan emosi yang tidak stabil. Saat ini, alternative penghilang rasa sakit mudah dilakukan. Ifreeindonesia.com merupakan penyuplai bantalan hangat yang bisa meredakan nyeri saat siklus mentruasi mendekati. Anda bisa memesan bantal penghangat ini melalui website ifreeindonesia.com. Sangat mudah, bukan?