Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Fit Di Bulan Ramadhan

0
23
TetapfTetap fit di bulan ramadhan.it di bulan ramadhan.
Tetap fit di bulan ramadhan.

Diarylounge.com, Saat bulan puasa tiba memang kita sering kali di landa rasa lelah dan lemas yang membuat kita malas dalam beraktivitas seperti biasa, namun puasa sebenarnya bukan ajang untuk kita bermalas-malasan. Justru dengan adanya bulan suci ini kita di tuntut untuk mencari pahala dengan berbagai aktivitas positif seperti memperbanyak ibadah, bahkan saat puasa tiba kita masih di tuntun untuk berolahraga agar badan tetap fit dan sehat. Sebenarnya mudah saja agar tetap fit di bulan ramdhan, asalkan kita ada kemauan dan niat.

Tetap fit di bulan ramadhan.
Tetap fit di bulan ramadhan.

Namun banyak sekali masyarakat yang bilang jika pada saat Ramadhan tiba, tidur merupakan suatu ibadah juga ternyata ustad sekalipun berkata bahwa itu sebagian tidak benar. Karena dengan kalimat tersebut menjadikan masyarakat malas dalam beraktivitas dan hanya ingin tidur saja.

Masih banyak yang bingung bagaimana cara tetap fit di bulan Ramadhan ini, nah kali ini kita akan memberikan tips seperti berikut.

Perbanyak Minum Air Putih

Saat tidak puasa saja kita di anjurkan untuk meminum air putih ini sebanyak 8 gelas dalam sehari, meski tidak memiliki rasa tapi air putih ini snagat penting bagi kesehatan ditambah lagi air putih tidak memiliki kalori yang sangat di anjurkan untuk di minum terus menerus sebanyak 2 liter per hari. Kamu dapat membaginya menjadi dua kali minum, yaitu pada saat sahur 4 gelas dan saat berbuka 4 gelas, untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh kita.

Jangan Biasakan Berbuka Dengan Air Dingin

Para dokter memang tidak menganjurkan saat berbuka puasa minum-minuman dingin, memang terasa segar apalagi saat sudah berpuasa seharian. Namun ternyata air dingin ini membuat tenggorokan bermasalah. Justru teh hangatlah yang menjadi anjuran saat pertama kali berbuka. Teh hangat akan meringankan tenggorokan juga nyaman di perut, usahakan berbuka dengan teh hangan terlebih dahulu agar badan tetap fit selama berpuasa.

Olahraga Ringan

Sudah dijelaskan di awal bahwa puasa bukan ajang malas-malasan. Kita memang masih dianjurkan untuk berolahraga ringan agar badan tetap fit selama berpuasa. Waktu yang tepat untuk berolahraga yaitu sebelum berbuka bisa sembari ngebuburit 15 menit saja sudah cukup.

Konsumsi 4 sehat 5 sempurna

Untuk memenuhi asupan nutrisi dan gizi selama berpuasa, pada saat makan sahur sebaiknya mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna. Untuk asupan makanan yang di konsumsi saat puasa juga sangat penting agar badan tetap fit, kebutuhan akan karbohidrat, lemak, protein dan kalsium yang mambantu kita tetap terlihat segar meskipun sedang berpuasa.

Menjaga Pola Tidur

Selama bulan Ramadhan pastinya pola tidur kita akan cukup terganggu, pasalnya setiap dini hari kita harus bangun dan melakukan makan sahur. Untuk menyiasatinya sebaiknya kita tidur lebih awal, kemudian setelah sahur usahakan jangan tertidur kembali. Jika kita ada wakut istirahat di siang hari, sebaiknya manfaatkan dengan baik.

Mengonsumsi Vitamin

Selama bulan berpuasa sebaiknya kita mengonsumsi vitamin untuk menjaga stamina selama berpuasa, apalagi jika kita seorang pekerja yang mengharuskan mengeluarkan tenaga ekstra di siang hari. Selain itu vitamin juga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh selama berpuasa, jadi tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Tetap fit di bulan ramadhan.
Tetap fit di bulan ramadhan.

Itulah cara agar tubuh tetap fit di bulan Ramadhan, jadi selama sebulan penuh kita berpuasa tubuh akan kuat dan sehat. Kuncinya adalah dengan mengikuti saran di atas, namun yang terpenting adalah minum cukup air putih ketika sahur untuk menjaga cairan di dalam tubuh.