Cara Memilih dan Menggunakan Pembalut yang Benar Saat Haid

0
2
memilih pembalut yang benar

Menstruasi merupakan hal yang dialami wanita setiap bulan. Tidak hanya siklus atau kalender haid yang berbeda-beda, banyaknya darah yang keluar pun berbeda-beda. Guna mencegah darah tidak bocor kemana-mana dan tetap nyaman beraktivitas, pemilihan pembalut serta cara memakai pembalut yang benar penting Anda ketahui. Lebih jelasnya, berikut pembahasannya.

Cara Memakai Pembalut

Pembalut adalah alat yang berbentuk persegi panjang, berupa bantalan empuk yang berguna menyerap darah dan cairan yang keluar selama menstruasi. Bagian empuk inilah yang nantinya akan ditempelkan ke vagina untuk mencegah darah keluar.

Pembalut juga memiliki lem atau perekat yang ditempelkan di celana dalam dengan memposisikan bagian persegi panjang tadi tepat di bagian vagina berada. Kesalahan umum yang terjadi saat menggunakan pembalut adalah memposisikan bagian yang lebar di belakang, padahal bagian tersebut seharusnya diposisikan di depan.

Pastikan juga selalu membersihkan vagina sebelum dan sesudah menggunakan pembalut. Bilaslah vagina dengan air, setelah kering barulah Anda bisa memasang pambalut. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah terjadinya iritasi. Gantilah pembalut maksimal 4 jam sekali untuk mencegah vagina menjadi lembab yang akan menyebabkan bakteri dan jamur mudah tumbuh.

Memilih Pembalut yang Benar

cara memilih pembalut yang benar

Secara kasat mata memang semua pembalut terlihat sama, namun dalam memilih pembalut tidak bisa sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih pembalut, yaitu daya serap dan kandungan tambahan pada pembalut. Perihal bentuk sebenarnya tidak terlalu berpengaruh, pilih yang bersayap atau tidak tergantung kenyamanan Anda.

Ketika hari pertama memasuki kalender haid, darah yang keluar pasti lebih banyak. Pembalut dengan daya serap yang baik tidak hanya mencegah darah bocor ke luar tapi juga mencegah terjadinya menstruasi retrograde, dimana darah masuk kembali ke dalam organ kandungan yang dapat memicu terjadinya penebalan dinding rahim.

Hal lain yang penting Anda perhatikan adalah kandungan tambahan pada pembalut. Pembalut yang baik adalah yang mengandung bahan tambahan paling sedikit. Kandungan tambahan seperti parfum atau zat herbal yang banyak terdapat pada pembalut yang beredar di pasaran, dapat berpotensi menyebabkan terjadinya iritasi pada vagina.

Itulah beberapa cara memakai pembalut dan memilih pembalut yang baik saat menstruasi. Salah satu pembalut yang bisa Anda pilih adalah pembalut yang memiliki daya serap tinggi, kandungan yang aman serta nyaman digunakan saat beraktivitas.