Cara Mudah Masuk BIOS pada Laptop HP

0
29
cara masuk bios pada laptop hp
cara masuk bios pada laptop hp

Dalam dunia teknologi gadget baik komputer maupun smartphone, pasti ada istilah Basic Input/ Output System atau yang kerap disebut dengan BIOS. Apa sih BIOS itu? BIOS adalah sebuah program yang berfungsi untuk mengatur berjalannya perangkat hardware pada komputer. Didalam program tersebut, menyimpan berbagai tugas pensting seperti sistem operasi atau booting, POST atau Power On Self, konfigurasi dasar pada komputer, dan instruksi-instruksi yang diberikan oleh mikroprosesor pada saat startup berlangsung.

Secara umum, BIOS berfungsi untuk pada proses penghidupan komputer. Mulai dari inisiasi, pengecekan perangkat yng terpasang, juga menentukan lokasi booting sehingga dapat masuk sistem. Nah, memang  pada dasarnya setting BIOS sudah diatur oleh bawaan pabrik, namun, Anda juga dapat mengatur beberapa konfiguasinya jika memang diperlukan seperti untuk menginstal ulang sebuah komputer. Nah, berikut ini akan kami sampai beberapa cara masuk BIOS laptop HP dengan mudah.

Mengapa Harus Laptop HP

Dari sekian banyak brand komputer yang beredar di era milenial ini, mengapa harus brand laptop HP? Alasannya, proses masuk BIOS pada laptop ini berbeda jauh dari laptop-laptop lainnya.

Jika laptop lain sudah langsung masuk BIOS setelah menekan tombol F2, maka cara tersebut tidak berlaku pada laptop HP. Nah, jika Anda yakin laptop Anda tidak bermasalah dan ingin masuk sistem BIOS, berikut ini beberapa caranya.

Menekan Tombol F10

f10 masuk bios laptop hp

Cara pertama untuk dapat masuk ke BIOS laptop HP adalah dengan menekan tombol F10. Terlebih dulu, restart laptop HP Anda, atau apabila sudah dalam kondisi mati, silakan tekan tombol power. Sesaat setelah proses booting, segera tekan tombol F10 secara berulang sampai Anda berhasil masuk ke BIOS.

Pasti Anda yang merasa kebingungan lantaran tidak sempat menekan tombol F10 karena proses booting berlangsung sangat cepat. Biasanya, hal tersebut dialami pada Anda yang menggunakan sistem operasi windosw 10 dan 8. Nah, untuk mengatasinya, cobalah untuk menekan tombol 10 dan 8 sebelum menekan tombol power. Berhasil kan?

Menekan Tombol Esc

masuk bios laptop hp tekan tombol esc

Cara masuk BIOS laptop HP lain juga dapat menggunakan cara lainnya seperti menekan tombol Esc. Terlebih dulu, restart dulu laptop HP Anda. Kemudian, segera tekan tombol Esc dengan cepat dan berulang kali. Maka, jika berhasil akan muncul option menu boot, termasuk pilihan untuk masuk pada menu BIOS. Tekan opsi masuk pada menu BIOS. Seperti langkah sebelumnya, apabila sistem operasi laptop menggunakan fitur fast startup sehingga proses booting berlangsung sangat cepat, tekan tombol esc lebih cepat ya!

Menekan Tombol F9

Cara lain untuk masuk ke sistem BIOS pada laptop HP adalah dengan menekan tombol F9. Terlebih dulu, restart laptop Anda, kemudian segera tekan tombol F9 dengan cepat dan berulang kali. Apabila sistem operasi menggunakan windows 8 atau 10 dan dalam kondisi mati, tahan lebih dulu tombol F9 kemudian tekan tombol power. Maka, akan otomatis muncul menu untuk masuk ke sistem BIOS ketika proses boot berlangsung.

Menu pada BIOS

Berdasarkan laptop-laptop yang beredar didunia, ada tiga macam chip BIOS yaitu award BIOS, phoenix, dan AMI BIOS. Memang, tampilannya berbeda-beda, namun pada intinya sama saja untuk mengatur konfigurasi sistem komputer. Nah, pada chip BIOS Phoenix, terdapat beberapa menu yang tersedia yaitu main menu, advanced menu, security menu, power menu, boot menu, dan exit menu.

Pada main menu BIOS, berfungsi untuk mengatur konfigurasi dasar BIOS. Mulai dari language, system date, system time, primary master, primary slave, secondary master, dan secondary slave. Selanjutnya, pada advanced menu  berfungsi untuk mengatur sistem pada komputer.

Pastikan jangan sampai salah karena bisa berakibat gagal proses dan tidak bisa digunakan sebelum diperbaiki. Security menu berfungsi untuk menentukan kapan password ditanyakan. Power menu untuk mengatur power. Boot menu untuk mengonfigurasi boot dan exit menu untuk keluar dari sistem BIOS.

Nah, itulah beberapa cara masuk BIOS laptop HP yang dapat Anda terapkan. Mudah bukan? Bagi Anda yang ingin melengkapi kebutuhan laptop HP terbaru, anda dapat mencarinya di portal belanja online bhinneka.com.