Biografi Wishnutama Kusubandio: Pendiri & CEO NET. TV

0
14
Biografi Wishnutama
Biografi Wishnutama

diarylounge.com, Hai sahabat diary pada atikel kali ini kita akan membahas mengenai biografi Wishnutama. Tahukah sahabat diary bahwa dibalik keberhasilan PT. NET Mediatama ada sosok Wishnutama yang hebat. Mengapa dikatakan hebat, karena beliau merupakan sosok pria yang memiliki segudang kreativitas yang sensasional.

Mungkin tidak semua sahabat diary akrab dengan nama seorang Wishnutama. Namanya memang tidak begitu dikenal oleh masyarakat awam karena beliau bukan seorang artis. Namun beliau seseorang yang sangat banyak dikenal dikalangan industri pertelevisian. Popularitasnya memang dimulai berkat perjalanan karirnya dalam industri pertelevisian.

Berkecimpung dalam dunia pertelevisianlah yang membuatnya tertarik membangun suatu perusahaan pertelevisian sendiri. Sudah sejak tahun 90an Wishnutama berkiprah di industri pertelevisian. Perjalanan karirnya sangat mulus, itu karena beliau merupakan pribadi yang profesional, pekerja keras dan bergerak di bidang yang sesuai passionnya.

Mengejutkannya lagi, beliau banyak ditunjuk untuk menjadi konseptor suatu acara besar berkat kreativitasnya. Jika sahabat diary masih ingat dengan megahnya konsep opening dan closing Asian Games 2018 kemarin yang diadakan di Indonesia tepatnya di Gelora Bung Karno. Maka Wishnutama lah sosok dibalik itu yang berperan sebagai Direktur Kreatif Asian Games 2018.

Beliau dipercayai untuk mengonsep dengan apik acara besar olah raga Asia yang diadakan di Indonesia. Mengulas lebih jauh kehebatannya, Wishutama adalah CEO sekaligus pendiri perusahaan bernama PT.NET Mediatama atau dikenal dengan NET TV yang bergerak pada bidang pertelevisian.

NET TV merupakan stasiun televisi pendatang baru yang berhasil sukses pada usianya yang masih terhitung dini yaitu saat ini menginjak 5 tahun. Meskipun sebagai pendatang baru, NET TV berhasil mengundang banyak pasang mata untuk melihat program-program yang dihadirkan stasiun televisi ini.

Untuk mengenal lebih dekat dengan pemiliki NET TV, berikut biografi dari sosok Wishnutama yang menarik untuk sahabat diary ketahui.

Nama : Wishnutama Kusubandio

Tempat, Tanggal Lahir : Jayapura, Papua, 4 mei 1976

Agama : Islam

Istri : Gista Putri

Anak : Sakina Adjani Wishnutama, Salvaditya Tama, Sultan Saladyne Tama, Muhammad Sabian Wishnutama

Pekerjaan : CEO dan Pendiri NET.TV

Pendidikan : SMP Tarakanita 5 Jakarta, Indonesia,  Kooralbyn International School Queensland, Australia, International School Singapore, Norwich University – The Military College of Vermont, Amerika Serikat, Mount Ida College jurusan Liberal Arts, Boston, Amerika Serikat, Emerson College, jurusan Communication, Boston, Amerika Serikat.

Masa Kecil Wishnutama

Seorang Wishnutama lahir pada tanggal 4 Mei 1976 di Jayapura. Beliau lahir dan diberikan nama Wishnutama Kusubandio. Jika sahabat diary penasaran dengan bagaimanakah masa kecil Wishnutama? Jawabannya yakni masa kecil Wishnutama sama seperti anak pada umumnya, Wishnutama menghabiskan masa kecilnya dengan belajar dan bermain.

Berdasarkan biografi Wishnutama, beliau tidak pernah memiliki cita-cita untuk berkecimpung dalam dunia media termasuk pertelevisian.  Namun satu hal yang selalu diingat Wishnutama saat kecil adalah perkataan Ibunya. Ibunya mengatakan padanya jadilah orang yang bermanfaat untuk sesama manusia.

Itulah sebabnya walaupun semasa kecil beliau tidak bercita-cita bekerja di pertelevisian, tetapi ketika jalan hidup menuntunnya kesana, beliau berpikiran harus mencintai pekerjaan yang dilakoninya. Maka tidak heran melalui ilmu yang dimiliki dan ketekunan dalam bekerja, beliau mampu menyajikan konten-konten menghibur dengan disisipi nilai edukasi di televisi yang dipimpinnya.

Sejak kecil berdasarkan biografi Wishnutama, beliau merupakan anak yang pandai. Setelah lulus SMP di daerah Jakarta beliau meneruskan pendidikannya di Singapur. Lalu beliau melanjutkan studinya ke Amerika Serikat. Disanalah Wishnutama mulai mempelajari ilmu komunikasi dan pertelevisian yang kini menjadi passionnya dalam bekerja.

Dunia Pendidikan Wishnutama

Dalam beberapa biografi Wishnutama, tidak banyak diketahui mengenai pendidikan dasar yang diperoleh dari seorang Wishnutama.  Namun beliau menghabiskan masa SMP nya di Sekolah Menengah Pertama Tarakanita 5 Jakarta. Beliau memang sangat pandai, terbukti setelah lulus SMP bisa melanjutkan pendidikannya di luar negeri.

Wishnutama melanjutkan masa SMA nya di Kooralbyn International School di Queensland Australia dan International School of Singapura. Tidak hanya sampai disitu, setelah lulus SMA Wishnutama melanjutkan kuliah di Liberal Arts di Mount Ida College Boston, Amerika Serikat.

Setelah itu dilanjutkan di Emerson College di jurusan Ilmu Komunikasi serta pertelevisian. Namun Wishnutama lebih banyak mendapatkan ilmu komunikasi dan pertelevisian pada saat ia berkuliah di Emerson College, Boston.

Tamat dari sana, Wishnutama mulai mengawali karirnya di bidang pertelevisian dengan bekerja paruh waktu di New England Cable News, AS dengan posisi Production Assistant di tahun 1993. Beliau kemudian mendapatkan pekerjaan bagus di WHDH-TV sebagai Assistant Director On Air Promotion hingga tahun 1994.

Kembali ke Tanah Air

Setelah mengemban pendidikan cukup lama dan mantap di Amerika Serikat. Lalu melanjutkan bekerja bekerja paruh waktu di New England Cable News, AS dengan posisi Production Assistant di tahun 1993. Ia kemudian mendapatkan pekerjaan bagus di WHDH-TV sebagai Assistant Director On Air Promotion hingga tahun 1994.

Di tahun 1994 Wishnutama kembali ke Indonesia dan merintis karirnya dalam industri pertelevisian. Beliau mengawali bekerja di beberapa stasiun televisi swasta lalu mendirikan stasiun televisi secara pribadi. Dalam bekerja, beliau melakukan dengan penuh ketekunan. Berkat kreativitasnya mampu menorehkan prestasi yang cukup banyak.

Bekerja di Perusahaan Televisi

Dalam Biografi Wishnutama diketahui bahwa setelah bertahun-tahun menghabiskan waktunya untuk mengenyam pendidikan di luar negeri, Wishnutama kemudian kembali ke Indonesia berbekal ilmu serta pengalaman yang ia dapat di luar negeri di bidang pertelevisian.

Di tahun 1994, Wishnutama bekerja di salah satu stasiun televisi yakni Indosiar. Di Indosiar ketika itu, Wishnutama memegang posisi sebagai Supervisor On Air Promotion. Pada tahun berikutnya, Wishnutama pindah ke divisi production Indosiar dengan posisi Production Assistant. 

Karir Wishnutama yang bagus di Indosiar membuat dirinya cepat naik posisi ke Executive Producer News serta Production Division. Hingga beliau akhirnya menjabat Production Manager. Selama 8 tahun berkarir di Indosiar, Wishnutama akhirnya pindah pada tahun 2001 ke Trans Tv milik konglomerat Chairul Tanjung. Di Trans TV, Wishnutama menjabat sebagai Kepala Divisi Produksi kemudian menjadi Direktur Operasional.

Sepak terjang karir Wishnutama dalam dunia pertelevisian memang tidak diragukan. Wishnutama kemudian dipromosikan sebagai Wakil Direktur Utama Trans Tv pada tahun 2006. Di tahun yang sama, Wishnutama ditunjuk sebagai Direktur Utama atau CEO dari Tv7 yang kemudian berubah menjadi Trans7 atau Trans TV.

Selama menjadi Direktur Utama atau CEO Trans7, Wishnutama banyak mengelola program-program televisi yang menjadi tontonan andalan di masyarakat Indonesia. Misalnya On The Spot, Opera Van Java,  Extravaganza serta Dunia Lain. Popularitas acara-acara tersebut membuat namanya melambung.

Beliau bahkan sempat mendapat penghargaan sebagai CEO Terbaik di Indonesia tahun 2010 oleh majalah SWA, TV Pay and Media serta  Indonesia Marketing Champion 2015 for the Broadcast. Beliau juga berhasil membawa Trans TV meraih beberapa penghargaan bergensi dari Asian Television Award dan Panasonic Awards. Jabatan sebagai Direktur Utama di Trans Tv  diemban hingga tahun 2012.

Beliau juga sempat menjabat sebagai direktur dari detik.com dari tahun 2011- hingga 2012. Wishnutama juga sempat ditunjuk sebagai komisaris dari PT. Televisi Anak Spacetoon dari tahun 2012 hingga 2014.

Mendirikan Net TV

Biografi Wishnutama
Biografi Wishnutama

Setelah berhasil mengemban pekerjaan dengan sangat baik bahkan membuat perjalanan karirnya melesat. Usai dirinya menjabat sebagai direktur Trans TV hingga 2012. Pada tahun 2013, Wishnutama mendirikan PT Net Mediatama Televisi atau NET TV. Wishnutama sangat menjalani amanat ibundanya untuk menjadi bermanfaat bagi sesama manusia.

Didirikannya NET TV kini membuka lapangan kerja besar bagi para lulusan universitas termasuk dalam bidang ilmu komunikasi dan pertelevisian. Beliau memiliki sikap dan jiwa yang hebat dalam pekerjaan hingga mampu membangun team yang baik dalam perusahaannya.

Sejak awal NET TV mampu menghadirkan program-program televisi yang edukatif, informatif dan menghibur sehingga disukai para khalayak. Diketahui bahwa NET merupakan singkatan dari News and Entertainment Television. 

Dilansir dari kompas.com, NET.TV milik Wishnutama menggunakan saluran frekuensi milik Space Toon. Popularitas NET. TV sebagai saluran televisi pendatang baru di Indonesia sangat cepat menanjak dan menyorot perhatian khalayaknya.

Hal ini berkat program-program acaranya yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia seperti Ini Program Talk Show, Acara Musik serta sitkom OK JEK. Selama menjabat sebagai CEO NET.TV, Wishnutama banyak memperoleh penghargaan yang cukup bergengsi.

Misalnya Marketeer of the Year 2015 di bidang Broadcast ,TV, and Media, The 500 Most Influential CEO in The World tahun 2015 versi Richtopia.com. Saat ini saluran televisi NET TV dibawah naungan PT. NET Mediatama masih berumur lebih dari 5 tahun.

Untuk suatu perusahaan pertelevisian usia tersebut masih tergolong baru dan muda. Hanya saja Wishnutama mampu menjadikan NET TV sebagai saluran yang disukai para generasi milenialls. Beliau mengemas program-program acara dengan sangat kreativ dan kekinian.

Tak hanya program acaranya yang mendapatkan rating tinggi. Namun di setiap momentum acara yang dibuat oleh NET seperti ulang tahun NET, sontak menjadi senter dan perhatian publik. Pasalnya baru pada perayaan ulang tahun NET TV yang memiliki dekorasi dan rangkaian acara yang sensasional.

Pernikahan Wishnutama

Istri Wishnutama saat ini bernama Gista Putri yang merupakan salah satu aktris di Indonesia. Dimana Gista Putri juga merupakan salah satu aktris di stasiun TV milik Wishnutama. Gista Putri yang tak lain adalah artis cantik yang menjadi presenter dan pemain stikom di persuhaan yang Wishnutama pimpin.

Pernikahan mereka sempat ramai menjadi sorotan publik dan media gosip selebritis. Resepsi pernikahan Wishnutama Kusubandio dan Gista Putri berlangsung beda hari dengan akad nikahnya, yang berlangsung pada hari minggu, 20 september 2015 malam, di sebuah hotel di Jakarta.

Namun sebelum menikah dengan Gista Putri, Wishnutama pernah menikah sebanyak dua kali yakni dengan Wina Widodo yang merupakan isitri pertamanya dan Wina Natalia. Dari pernikahannya dengan Wina Widodo yang merupakan isitri pertamanya, Wishnutama memiliki dua orang anak bernama Muhammad Sabian Tama dan Sakina Tama.

Kemudian anak dari pernikahan dengan Wina Natalia yang kini menjadi istri Manji (Anji Drive) Wishnutama memiliki anak bernama Salvaditya Tama  serta Sultan Saladyne Tama. Meski telah tiga kali menikah dan bercerai dengan mantan istrinya. Wishnutama tidak melupakan kewajibannya sebagai seorang ayah.

Beliau tetap bertanggung jawab mencukupi kebutuhan anak-anaknya meskipun mereka ikut tinggal bersama ibunya. Wishnutama dan Wina Natalia juga tetap rukun demi sama-sama menjaga anak mereka. Seperti disaat sang buah hati mereka wisuda sekolah menengah keduanya kompak datang menemani sang anak.

Kisah Cintanya dengan Gista Putri

Biografi Wishnutama
Biografi Wishnutama

Nama Gista Putri sudah tidak asing lagi dalam dunia selebritis tanah air. Ia merupakan gadis kelahiran Jakarta, 2 Agustus 1987. Gista memiliki darah Sunda dari kedua orang tuanya yang bernama Agusdin Susanto dan Susilowati berasal dari Kuningan, Jawa Barat. Selain cantik dan berbakat, Gista juga wanita yang pandai.

Ia telah menyandang gelar sarjana Hukum dari Fakultas Hukum Universtitas Trisakti Jakarta. Gista pernah bermain film layar lebar yang berjudul simfoni luar biasa, ia juga pernah membintangi beberapa iklan. Selain itu Gista lebih sering menjadi seorang prisenter dan pemain stikom. Tak hanya itu, artis yang satu ini juga sering memerani ftv dan cukup banyak video klip.

Gista Putri mengaku jatuh cinta pada pandangan pertama dengan Wishnutama. Ia melihat sosok Wishnutama adalah pria yang tampan, kharismatik, dan single. Awalnya hubungan mereka sebatas hubungan profesional kerja saja. Hingga akhirnya Wishnutama mendirikan NET TV, Gista Putri ikut serta bergabung. Meski berbeda usia terpaut 11 tahun dengan Wishnutama lantas tak keduanya menyerah.

Gista Putri bergabung di awal-awal sejak NET didirikan itulah yang membuat mereka jadi sering ketemu, sering sharing, sehingga hubungan keduanya semakin dekat. Mulailah tumbuh benih-benih cinta di antara keduanya.

Seringnya bersama akhirnya membuat keduanya memutuskan untuk menjadi sepasang kekasih. Setelah resmi berstatus pacaran, keduanya kompak merahasiakan hubungan cinta mereka. Selain karena satu kantor, kondisi keduanya sangat jauh berbeda. Dimana seperti diketahui Wishnutama sudah pernah menikah sedangkan Gista belum pernah menikah.

Di awal Gista juga merasa belum siap akan respon kedua orang tua Wishnutama dan orang tuanya. Tapi, satu bulan menuju pernikahan hubungan mereka dipublikasikan. Ternyata hubungan cinta mereka berjalan dengan mulus, semuanya dimudahkan, tidak seperti bayangan awalnya. Akhirnya Wishnutama dan Gista Putri menikah pada tanggal 20 September 2015. 

Menjadi Koreografer Asian Games 2018

Bukan hanya handal dalam membuat dan mengemas program acara televisi. Wishnutama ternyata juga mampu menyukseskan pembukaan Asian Games 2018 yang tidak lepas dari ide-ide kreatif, dan tangan dingin Wishnutama Kusubandio.

Beliau mengemas konsep opening dan clossing Asian Games dengan sangat apik. Upacara pembukaan yang menampilkan ribuan penari hingga atraksi unik Presiden Republik Indonesia Joko Widodi (Jokowi) menuai decak kagum dari berbagai kalangan.

Banjir pujian tidak hanya di Indonesia saja, tetapi juga di berbagai negara lain. Untuk menciptakan pembukaan ASIAN GAMES 2018  tersebut, Bos NET TV itu mengaku melakukan persiapan hingga 1,5 tahun. Setelah pembukaan Asian Games, beliau beserta tim nya juga bekerja keras untuk membongkar kembali panggung selama 60 menit untuk dijadikan atletik.

Kesuksesannya bukan baru-baru ini saja terjadi. Jika melihat jejak karir Wishnutama, maka tidak heran jika Indonesia mempacayai kreativitasnya untuk suatu acara besar Asia yang menyangkut harga diri bangsa Indonesia. Berkat kreasi-kreasi handalnyalah Indonesia mampu memberikan yang terbaik dalam opening dan closing Asian Games 2018.

Pengahargaan Yang Pernah Diraih

1. The Best CEO Indonesia pilihan majalah SWA (tahun 2010)

2. Indonesia Marketing Champion 2015 for the Broadcast, TV Pay & Media sector pilihan MarkPlus.

3. Indonesia Youngster Inc. versi Majalah SWA

4. Marketeer of the Year 2015 Indonesia Marketing Champion category: Broadcast ,TV, and Media

5. The 500 Most Influential CEOs in The World berdasar Richtopia.com tahun 2015

6. The Best Chief Strategy Execution Officer Across All Industries oleh Tempo Media Group. The Winner of 2016

7. Strategy-Into-Performance Execution Excellence (SPEX2) Awards

8. Best Digital Talent – Digital Business Leader Bubu Awards 2017 Indosat Ooredoo IDByte

9. Indonesia’s Influential Person in Creative Industry Awards (Television and Radio) IdeaFest 2017

10. The Most Admired CEO in Television Sector versi Warta Ekonomi

Sikap Wishnutama yang Patut Dicontoh

1. Menekuni passion

Wishnutama mendalami ilmu pada dunia media saat berkuliah di Amerika Serikat. Lalu kemudian setelah lulus dan kembali ke tanah air beliau bekerja di beberapa stasiun televisi swasta Indonesia. Beliau menekuni pekerjaan yang memang sesuai dengan passion yang dimilikinya. Ilmu yang di dapatkan selama berkuliah di Amerika lalu diterapkan dan dikembangkannya di Indonesia.

2. Mencintai pekerjaan

Seperti cerita masa kecil Wishnutama di atas, dimana beliau tak pernah bercita-cita bekerja di dunia media televisi. Hanya saja disaat takdir mengantarkannya untuk menggali ilmu di bidang komunikasi dan pertelevisian lalu beliau bekerja di industri televisi ia mencoba untuk mencintai pekerjaannya.

Hal ini sudah dibuktikannya, dimana Wishnutama sangat mencintai pekerjaan yang ditekuninya. Lancar dan meningkatnya karir Wishnutama di dukung oleh sikapnya yang mencintai pekerjaan. Itulah yang menuntunya menjadi Wishnutama yang sesukses saat ini.

3. Bekerja keras

Pekerja keras juga merupakan sikap yang dimiliki Wishnutama. Beliau bekerja degan sangat totalitas. Sikap ini pula yang meningkatka perjalanan karirnya hingga sampai pada titik saat ini. Sebab itulah Wishnutama pernah dipercayai untuk menjadi direktur utama suatu perusahaan televisi Swasta. Beliau juga mampu mengangkat nama perusahaan tersebut hingga meraih penghargaan.

4. Profesional

Sosok yang sangat profesionalitas merupakan sikap yang dimiliki Wishnutama. Dalam bekerja teamwork beliau sangat mampu mengkordinir team nya dengan baik. Salah satu contoh bentuk profesional yang dimilikinya adalah saat beliau dipercayai untuk menjadi Direktur Kreativ Asian Games 2018.

5. Berani mengambil keputusan

Jika melihat berdasarkan biografi Wishnutama, beliau terlihat sebagai seseorang yang berani mengambil keputusan. Seperti memutuskan untuk mendirikan perusahaan televisi sendiri yaitu NET TV.

6. Pantang menyerah

Dalam banyaknya sikap baik yang dimilikinya diatas, Wishnutama sosok yang pantang menyerah. Dalam perjalanan karirnya tentu beliau memiliki banyak tantangan, namun sosok nya yang pantang menyerah membuatnya tetap pada saat ini.

Kesimpulan

Nah sahabat diary berikutlah biografi Wishnutama yang telah dipaparkan dalam artikel ini. Beliau merupakan sosok hebat yang mampu melambungkan namanya berkat prestasi yang diraihnya. Kita dapat mencontoh sikap-sikap yang dimiliki Wishnutama dalam bekerja.

Menjadi apa adanya namun memberikan hasil kerja yang berkualitas. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi pengetahuan dan pembelajaran bagi semua sahabat diary ya. Terimakasih sampai jumpa di artikel lainnya.

Ketahui juga Biografi Tokoh, Profil Negarawan dan Tokoh Terkenal Indonesia berikut ini: