Yuk Pelajari Cara Pijat Bayi dan Ketahui Manfaatnya…

0
108
Cara Pijat Bayi dan Manfaatnya
Gambar: tipsanakbayi

Diarylounge.com, Sebuah pijatan hangat tangan dapat memberi banyak manfaat untuk si Kecil. Tapi sebelum melakukan pijat bayi, pengetahuan mengenai cara pijat bayi sangat penting. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar pijatan tidak menyakiti tubuh mungilnya.

Memijat bayi harus dilakukan dengan penuh kelembutan. Selagi memijatnya, bisa sambil mengajaknya berbicara atau bernyanyi agar si Kecil lebih menikmati pijatannya.

Pijatan demi pijatan yang diberikan tidak hanya mendekatkan ikatan dengan sang buah hati. Sejumlah manfaat lain dari pijatan yang mungkin dapat dirasakan olehnya seperti:

  1. Membantunya tidur pulas.
  2. Dapat membuatnya rileks.
  3. Jarang menangis.
  4. Mengurangi rasa sakit gigi saat gigi si Kecil tumbuh.
  5. Meningkatkan sirkulasi darah.
  6. Meningkatkan berat badan.
  7. Melancarkan pencernaan.
  8. Mendukung perkembangan mental, fisik, dan sosial.
  9. Jika si Kecil terlahir dengan penyakit kuning, pijatan mungkin dapat membuatnya pulih lebih cepat.
Persiapan Sebelum Memijat Bayi

Sediakan ruangan bersuhu hangat, dengan suasana tenang dan membuatnya nyaman. Lalu siapkan segala perangkat yang dibutuhkan saat memijat bayi seperti handuk atau tatakan untuk alas bayi, minyak untuk menggosok (disarankan memakai baby oil atau minyak zaitun), pakaian bersih, dan popok.

Setelah semua peralatan siap dan kondisi bayi memungkinkan untuk dipijat, praktikkan cara pijat bayi yang dimulai dari:

Praktekan Cara Pijit Bayi
Gambar: widhiaanugrah

1. Cara Pijat Bayi Bagian Kaki
Pegang kedua kaki bayi dengan satu tangan dan tepuk-tepuk sepanjang tungkainya dengan tangan yang lain. Usap turun naik dari jari-jari kakinya sampai ke pinggul kemudian kembali. Kemudian, pijat telapak kakinya dan tarik setiap jari-jemarinya.

Gunakan jempol untuk mengusap bagian bawah kakinya mulai dari tumit sampai ke kaki dan pijat di sekeliling pergelangan kakinya dengan pijatan-pijatan kecil melingkar.

2. Cara Pijat Bayi Bagian Perut
Gunakan ujung jari tangan, buat pijatan-pijatan kecil melingkar. Gunakan pijatan I Love U. Gunakan 2 atau 3 jari, yang membentuk huruf I-L-U dari arah bayi. Bila dari posisi kita membentuk huruf I – L – U terbalik. Berikut tahapan memijat:

Urut kiri bayi dari bawah iga ke bawah (huruf I). Urut melintang dari kanan bayi ke kiri bayi, kemudian turun ke bawah (huruf L)
Urut dari kanan bawah bayi, naik ke kanan atas bayi, melengkung membentuk U dan turun lagi ke kiri bayi. Semua gerakan berakhir di perut kiri bayi.

3. Cara Pijat Bayi Bagian Lengan 
Pegang pergelangan tangan bayi dengan satu tangan dan tepuk-tepuk sepanjang lengannya dengan tangaa yang lain. Pijat turun naik mulai dari ujung sampai ke pangkal lengan, kemudian pijat telapak tangannya dan tekan, lalu tarik setiap jari. Ulangi pada lengan yang lain.

4. Cara Pijat Bayi Bagian Punggung
Telungkupkan bayi di atas lantai atai di atas kedua kaki dan gerak-gerakan kedua tangan Anda naik turun mulai dari atas punggungnya sampai ke pantatnya. Lakukan pijatan dengan membentuk lingkaran kecil di sepanjang tulang punggungnya. Lengkungkan jari-jemari Anda seperti sebuah garu dan garuk punggungnya ke arah bawah.

5. Cara Pijat Bayi Bagian Kepala dan Wajah Bayi
Angkat bagian belakang kepalanya dengan kedua tangan dan usap-usap kulit kepalanya dengan ujung jari Anda. Kemudian, gosok-gosok daun telingannya dan usap-usap alis matanya, kedua kelopak matanya yang tertutup, dan mulai dari puncak tulang hidungnnya menyeberang ke kedua pipinya. Pijat dagunya dengan membuat lingkaran-lingkaran kecil.

Mengetahui lebih jauh cara pijat bayi beserta bermanfaat:

Waktu terbaik untuk melakukan pijat bayi adalah ketika dia sedang terjaga, namun dengan kondisi yang tenang. Pastikan bayi tidak dalam kondisi terlalu lapar atau kenyang saat memberinya pijatan, tentunya

Hindari memijatnya sewaktu dia akan terlelap di waktu tidur siang. Boleh memijatnya dan menjadikannya kegiatan rutin sebelum tidur pada malam hari. Hal ini berguna untuk membuatnya tidur lebih pulas. Menjadwalkan memijat bayi usai mandi juga bisa dicoba.

Agar si Kecil menikmati kegiatan pijat bayi ini dengan maksimal, perhatikan segala isyarat yang dikeluarkan olehnya. Isyarat ini bisa menjadi sinyal apakah dia suka dengan pijatan atau tidak. Segera hentikan pijatan jika si Kecil mulai menangis karena itu pertanda bahwa dia sudah merasa cukup dengan pijatan yang diberikan.

Manfaat Ajaib Pijat Bayi

Mungkin sebagian ada yang belum mengetahui apa itu pijat bayi dan bertanya-tanya apakah aman bagi bayi. Pijat bayi adalah gerakan lembut dan ‘berirama’ pada tubuh si kecil dengan menggunakan tangan.

Gerakan tangan itulah yang akan menstimulasi produksi oksitosin, yaitu hormon yang memberikan rasa hangat dan perasaan dicintai. Hasilnya, si kecil akan cenderung lebih kalem dan tidak rewel, frekuensi menangisnya berkurang, dan tidurnya jauh lebih nyenyak.

Waktu pijat favorit biasanya setelah bayi mandi atau sebelum tidur. Namun, waktu terbaik untuk pijat bayi adalah jeda setelah makan atau  sebelum jam tidurnya. Sementara itu, durasi pijatnya bisa bervariasi antara 10-30 menit.

Terpenting adalah lakukan pijatan selama ia merasa senang dan menikmati. Jika bayi terlihat kurang nyaman saat dipijit, hentikan dan lakukan lagi lain waktu.

Nah, di bawah ini adalah berbagai macam manfaat dari pijat bayi:
  1. Membantu bayi bernapas secara teratur. Bayi terkadang memiliki pola inhale-exhale yang acak. Karena kulit adalah organ terluas dari tubuh manusia dan kaya dengan saraf, pijatan bisa membantunya bernapas lebih lega dan teratur.
  2. Membantu menstimulasi hormon pertumbuhan. Penelitian yang dilakukan Touch Research Institute dari University of Miami menunjukkan, bayi prematur yang menerima 3 kali pijat (15 menit tiap pijat) setiap hari, dalam 5 hari bobot tubuhnya akan naik 53% dibanding bayi prematur yang tidak menerima pijat bayi.
  3. Meningkatkan kekebalan tubuh. Penelitian terhadap bayi berusia 10 minggu menunjukkan, bayi yang punggungnya dipijat oleh mamanya lebih jarang mengalami flu dan diare. Pijatan akan memperkuat hormon dan sistem pencernaan.
  4. Membantu menstimulasi perkembangan otak bayi. Sedikit sentuhan di wajah, dada, tangan, dan kaki membuat otaknya bekerja merasakan sensasi sentuhan yang berbeda-beda.
  5. Membantu meringankan beberapa keluhan, seperti sinus, sakit saat pertumbuhan gigi, lendir di paru-paru, dan kaki-tangan dingin. Memijat bagian perut membantu menghilangkan kolik, sembelit, dan masuk angin.
Pijat Bayi Ternyata Juga Bermanfaat untuk Orang Tua

Pada 28 hari pertama kehidupan anak merupakan momen penting bagi pertumbuhan, seperti dikatakan dr. Fitri Hartanto, SpAK dari IDAI. Pada masa tersebut, orang tua disarankan memberi sentuhan pada bayi yang memiliki banyak manfaat. Salah satunya, sebagai stimulasi penting tumbuh kembang bayi yang bermanfaat langsung dan berdampak jangka panjang.

Sentuhan yang dimaksud dr. Fitri bukan sekadar meletakkan tangan di atas kulit bayi, tapi sentuhan atau pijatan lembut yang melibatkan perasaan dari orang tua, sehingga melahirkan ikatan batin. Ikatan batin antara bayi dengan orang tua dapat membuat bayi merasa nyaman.

Menurut dr. Fitri yang ditemui di acara Pelatihan Stimulasi Pijat Bayi Terbesar di Dunia yang digelar Johnson’s Baby, memijat bayi tidak hanya bermanfaat bagi si bayi itu sendiri, tetapi juga orang tua. Berikut ini paparannya:

Manfaat memberikan pijatan pada bayi bagi orang tua antara lain:
  1. Memberikan perhatian spesial dan mempererat ikatan bonding dengan bayi
  2. Meningkatkan komunikasi orang tua dan bayi
  3. Membuat rasa percaya diri dalam mengasuh bayi.

Agar pemijatan pada bayi lebih optimal, menurut dr. Fitri sebaiknya Anda menggunakan baby oil/lotion. “Karena baby lotion akan mempermudah transfer kehangatan dari tangan orang tua,” ujarnya. Selain itu, baby oil/lotion juga membantu memperbaiki fungsi skin barrier, termoregulasi, dan sistem sirkulasi darah.