Trend Hijab Masa Kini, Syar’i Namun Tetap Modis dan Stylist

0
396
Trend Hijab Masa Kini
Gamabr: Kriya Indonesia

Diarylounge.com, Trend hijab masa kini memang selalu menjadi topik yang tak oernah habis untuk dibahas. Hijab, dahulu kita belum terlalu akrab dengan kata ini. Kita lebih sering mengenal kata jilbab.

Jilbab merupakan salah satu jenis pakaian muslimah yang dipadukan dengan busana muslim atau busana panjang lainnya. Menggunakan jilbab pada dasarnya adalah kewajiban bagi wanita muslim. Meski masih banyak wanita muslim yang belum menggunakan jilbab.

Jilbab dari masa ke masa akhirnya mengalami perkembangan bila ditinjau dari segi fashion. Berkat perkembangan inilah, sebutan ‘hijab’ menjadi lebih populer. Hijab memiliki ciri fashion yang lebih kental dibandingkan jilbab pendahulunya. Sebelum berkembangnya dunia mode muslimah dalam 2-3 tahun terakhir, jilbab terkesan lebih sederhana dan apa adanya.

Sementara trend hijab masa kini, tidak butuh waktu lama untuk mengeluarkan kreasi baru, gaya atau motif baru dan trend terbaru. Selalu ada perbedaan pendapat mengenai hijab kini dan dulu. Banyak yang mengatakan bahwa hijab masa kini sudah mulai melupakan dasar-dasar hijab yang syar’i.

Misalnya warna-warna pakaian pastel yang cerah dan kreasi-kreasi jilbab yang unik dan masih memakai pakaian yg ketat walaupun pakai hijab. Ada yang berpendapat bahwa kreasi hijab masa kini baik karena bisa membuat banyak wanita muslim ingin menggunakan jilbab?

Trend hijab masa kini yang penuh warna dan penuh kreasi adalah hijab yang trend dalam 2 tahun terakhir. Terutama anak muda yang senang dengan hal-hal yang baru dan fashionable. Gaya hijab saat ini tidak hanya bermain dengan kreasi jilbab, namun juga pakaian yang semakin beraneka ragam.

Begitu modern dan cantiknya gaya hijab ini sehingga banyak wanita yang senang menggunakannya. Meski masih sering dipertanyakan ketepatan syar’i-nya karena menggunakan kreasi jilbab, namun banyak yang menganggap ini hanya merupakan ide yang baik untuk menggugah banyak wanita muslimah berhijab.

Macam-macam Hijab
1. Jilbab Bergo
Jilbab bergo ini dikenal sangat praktis, tidak hanya digunakan untuk saat-saat santai tetapi bias juga digunakan dalam acara formal. Cara memakainya tinggal memasukan kepala saja. Jika ingin memodifikasi bias ditambahkan bros atau pin, akan mempercantik kerudung ini tidak poloh begitu saja namun ada bordiran, rampel, tali maupun pita.

Jilbab Bergo
Gambar: jilbabmodel

2. Jilbab Rajut
Berbentuk persegi panjang seperti pasmina, biasanya digunakan oleh mereka yang menyukai gaya kasual dan dipakai untuk sehari-hari sebagai pengganti bergohijab rajut

3. Jilbab segi empat
Bentuknya segi empat dan bisa juga disebut pashmina. Biasanya sebelum dipakai dilipat sehingga membentuk segitiga . Jilbab ini digunakan untuk acara semiformal atau acara formal. Kerudung jenis ini adalah kerudung standar yang bias dipakai para hijabers

4. Jilbab Segitiga
Jilbab jenis ini sudah tersedia bandana yang berupa list sehingga terkesan lebih mewah. Cocok untuk acara resmi dan pesta. Koleksi jilbab segitiga kini hadir dengan model dan motif yang lebih mengikuti perkembangan mode.

Jilbab Segitiga
Gambar: Tribun style

5. Jilbab Syiria (jilbab instan)
jilbab model ini termasuk salah satu aneka macam jilbab instan dan mudah dipakai. Model jilbab syiria hamper sama dengan model bergo, sama-sama langsung dipakai. Bedanya di jilbab syiria tidak ada bergo atau bantalan busa diujung kepala.

6. Jilbab Jumbo
Jilbab jumbo adalah jilbab yang ukurnnya besar, minimal panjangnnya seperut , atau istilah lainnya adalah jilbab syar’I dan menutupi dada hingga kebawah terbuat dari bahan yang adem, bahan jersey, bahan spandek sutra dan della

7. Jilbab Lengan
Yaitu jilbab yang sudah ada lengannya dan biasanya berukuran jumbo

Tersedianya aneka macam jilbab disesuaikan juga dengan bentuk wajah kita. Supaya tidak jadi korban mode maka sebaiknya memilih jilbab yang sesuai dengan kondisi atau bentuk wajah sehingga penampilan anda akan terlihat lebih menarik.

Berbagai hijab modern lahir dengan desain yang unik serta menarik untuk memenuhi kebutuhan fashion hijab tanah air, dari beragam model hijab terbaru yang beredar terdapat beberapa koleksi hijab modis yang menjadi favorite setiap wanita muslimah, mereka tertarik menggunakan berbusana hijab karena saat ini kebutuhan busana dan lingkungan mendukung, sudah banyak wanita yang mampu membuktikan diri kalau berhijab itu menyenangkan dan tentunya bisa tampil cantik dan menawan.

Tak jarang mereka pun men-share gaya-gaya hijab terbaru di akun media social, disana kita bisa melihat mereka begitu antusias untuk berbagi dan memang tujuan para hijabers ini baik yaitu untuk mengajak berbusana hijab. Trend hijab masa kini memang mudah sekali mendapat tempat dihati setiap wanita, tak ayal mereka berbondong-bondong berburu model baju muslim jaman sekarang.

Baik untuk digunakan berbagai jenis aktivitas, misalnya pesta, ngampus, dan sehari-hari serta jenis aktivitas lainnya. Tak perlu ragu dan malu lagi untuk berbusana muslim sebab apa-apa yang dibutuhkan sudah tersedia.

Pandangan Tentang Trend Hijab Masa Kini di Zaman Modern

Menggunakan jilbab pada dasarnya adalah kewajiban bagi wanita muslim. Meski masih banyak wanita muslim yang belum menggunakan jilbab. Jilbab dari masa ke masa akhirnya mengalami perkembangan bila ditinjau dari segi fashion.

Berkat perkembangan inilah, sebutan ‘hijab’ menjadi lebih populer. Hijab memiliki ciri fashion yang lebih kental dibandingkan jilbab pendahulunya. Sebelum berkembangnya dunia mode muslimah dalam 2-3 tahun terakhir, jilbab terkesan lebih sederhana dan apa adanya. Sementara trend hijab masa kini, tidak butuh waktu lama untuk mengeluarkan kreasi baru, gaya atau motif baru dan trend terbaru.

Selalu ada perbedaan pendapat mengenai hijab kini dan dulu. Banyak yang mengatakan bahwa hijab masa kini sudah mulai melupakan dasar-dasar hijab yang syar’i. Misalnya warna-warna pakaian pastel yang cerah dan kreasi-kreasi jilbab yang unik dan masih memakai pakaian yg ketat walaupun pakai hijab. Ada yang berpendapat bahwa kreasi hijab masa kini baik karena bisa membuat banyak wanita muslim ingin menggunakan jilbab?

Tahun 90’an, Indonesia sempat memiliki gaya jilbab zaman dulu. Yakni dengan menggunakan ciput dan kerudung bersanding dengan gaya simple, gaya hijab semacam ini menjadi salah satu yang menutupi aurat tetapi bagi kaum remaja ini terlihat kuno.

Selanjutnya, sempat populer di tahun 2000-an jilbab yang tadinya terulur, diikat di bagian leher sehingga nampak lebih ringkas. Sempat populer selama beberapa masa. Jilbab ini sering digunakan oleh para artis dan akhirnya ditiru oleh banyak orang. Sedangkan mereka tidak memenuhi syar’i karena tidak menutupi bagian dada mereka.

Begitu modern dan cantiknya gaya hijab ini sehingga banyak wanita yang senang menggunakannya. Meski masih sering dipertanyakan ketepatan syar’i-nya karena menggunakan kreasi jilbab, namun banyak yang menganggap ini hanya merupakan ide yang baik untuk menggugah banyak wanita muslimah berhijab.

Apakah benar banyak perempuan pada zaman ini yang hanya mengikuti trend hijab masa kini saja atau dasar niat hati mereka? Saya membuktikan dengan survey wawancara kepada beberapa orang sekililing saya yang menggunakan hijab di para remaja khusunya.

Dan setelah mewawancarai Ustadz Dzaki Mirza mengatakan bahwa:

Didalam Al Qur’an surat An Nur ayat 26, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman “Wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula)”.

Terus, apa hubungannya jilbab dengan kutipan ayat di atas? Ya, sosok wanita yang baik dalam pandangan islam adalah mereka yang memahami dan mengamalkan nilai-nilai dan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-harinya.

“Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha pengampun lagi maha penyayang.” (al Ahzab:59)

Ancaman untuk kaum muslimah yg tidak menutup aurat sesuai sabda Rasulullah: Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Ada dua golongan dari penduduk neraka yang belum pernah aku lihat: Suatu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi untuk memukul manusia dan para wanita yang berpakaian tapi telanjang, berlenggak-lenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang miring. Wanita seperti itu tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya, walaupun baunya tercium selama perjalanan sekian dan sekian.” (HR. Muslim no. 2128)

Salah satu alasan dari beberapa remaja putri di London School of Public Relations –Jakarta, yang saya wawancarai mengatakan:

“Aku menggunakan hijab karena lebih membuat saya nyaman dan terhindar dari niat jahil orang – orang jahat, apa lagi berhijab juga merupakan anjuran agama, walaupun aku mengikuti trend hijab di zaman era modern ini, tapi aku juga masih belajar untuk memakai kerudung yang syar’i”

Subhanallah ternyata trend hijab masa kini memberikan efek yang baik dan alhamdulillah meraka menggunakannya bukan karena atas dasar paksaan melainkan kesadaran diri.

Well, yang manapun pakaian pilihan kalian, pastikan untuk kembali pada niat prempuan perempuan yang menggunakan busana hijab. Apakah hanya untuk mengikuti trend atau benar-benar melaksanakan kewajiban muslimah, semuanya kembali kepada penggunanya.