Tips Memilih Susu Bayi Formula dan Mengenal Beragam Manfaatnya

0
23
Tips Memilih Susu Bayi
Susu Bayi

Diarylounge.com, Susu bayi merupakan makanan utama untuk bayi sedangkan ASI atau air susu ibu merupakan makanan utama seorang bayi yang baru lahir. ASI sangat berpengaruh akan tumbuh kembangnya seorang bayi, hal ini tentunya membuat meminum susu memiliki banyak manfaat bagi tubuh bayi.

Selain ASI, susu formula juga saat ini sedang hits dikalangan ibu. Hal ini dikarenakan ASI yang tidak selamanya siap untuk diminum dalam setiap kesempatan dan membantu ibu jika sedang tidak berada dekat dengan bayi, juga berada dalam perjalanan jauh. Susu formula ini memiliki vitalisasi yang sama dengan ASI sehingga baik juga untuk dikonsumsi bayi.

Saat ini banyak situs belanja online yang menyediakan susu ini untuk memudahkan pembeli atau konsumen yang berada diluar kota ataupun untuk menghemat waktu untuk belanja. Susu formula ini tentunya bukan semua susu dapat dipilih dan memiliki vitalisasi seperti ASI. Berikut adalah tips memilih susu formula yang baik untuk bayi:

  • Pilih kemasan susu formula yang memiliki keterangan cocok untuk dikonsumsi oleh bayi usia 0-6 bulan atau bayi baru lahir, pastikan juga sudah memiliki kode BPOM RI. Biasanya susu formula dari susu sapi merupakan susu untuk bayi dibawah usia 6 bulan.
  • Periksa kandungan nutrisi susu formula yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi seperti lemak, protein, vitamin, karbohidrat dan mineral. Hal ini perlu diperhatikan karena bayi belum dapat mencerna makanan dengan baik.
  • Perhatikan protein susu formula, biasanya unsur protein whey memiliki rasio yang tinggi dibanding protein kasein. Protein whey merupakan protein utama yang ada pada ASI dan protein kasein merupakan unsur pembuatan keju dan protein lengkap.
Ragam Susu Formula Untuk Bayi
Ragam Susu Formula

Selain hal diatas juga periksa reaksi bayi, biasanya akan muncul tanda-tanda bayi membuat penolakan terhadap susu yang ditawarkan padanya, kadang juga muntah ketika meminumnya. Oleh karena itu berkonsultasi dengan dokter untuk tetap menjaga kondisi bayi dalam keadaan baik. Susu formula dipilih karena memiliki banyak manfaat untuk bayi.

Berikut adalah manfaat dari susu bayi formula diantaranya:

  • Memiliki kandungan zat yang dapat merangsang perkembangan otak dengan kandungan omega 3 dan omega 6 juga DHA dan EPA.
  • Mengajarkan bayi untuk mencerna makanan yang sedikit berat untuk dicerna sehingga organ pencernaan anak dapat bekerja dengan baik.
  • Membantu bayi mudah beradaptasi dengan orang lain selain ibu karena biasanya susu formula dapat diberikan secara bergantian oleh anggota keluarga.
  • Membuat bayi lebih kenyang dalam waktu yang cukup lama karena membuat bayi susah untuk mencernanya.
  • Memberi perkembangan yang baik pada mata bayi karena memiliki kandungan AHA untuk syaraf mata.
  • Adanya zat FOS dan GOS sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak dan memperlancar pencernaan bayi.

Beberapa susu formula yang dijual pada situs jual beli online haruslah dipilih secara hati-hati oleh ibu. Hal ini sangat penting untuk mendukung perkembangan bayi. Selain hal diatas, adanya omega 3 dan omega 6 ini dapat membuat rambut menjadi tebal dan memiliki warna yang baik. Memilih susu formula yang tepat akan tidak akan menghambat setiap perkembangan bayi dan lebih memudahkan pekerjaan ibu jika sedang bekerja diluar.

Susu bayi formula ini biasanya terbuat dari susu sapi, jika bayi alergi dengan susu sapi dapat menggantinya dengan susu kedelai. Namun, pemberian susu kedelai ini harus sesuai saran dari dokter karena biasanya bayi yang alergi susu sapi akan alergi juga dengan susu kedelai.