Pelaruga, Kolam Abadi Tempat Wisata di Binjai

0
80
Tempat Wisata di Binjai
Pelaruga menjadi salah satu destinasi andalan Kota Binjai, Sumatera Utara

Dairylounge.com, Kota Binjai di Sumatra Utara punya banyak destinasi wisata menarik. Tempat wisata di Binjai beragam mulai dari wisata alam, kuliner, sejarah, hingga wisata kota yang kekinian.

Binjai terletak 22 km di sebelah barat Medan, Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara. Sebelum berstatus kotamadya, Binjai adalah ibu kota Kabupaten Langkat.

Binjai dikenal sebagai kota multietnis dengan berbagai suku, yang didominasi Melayu, Mandailing, dan Minang. Daerah ini dinilai strategis karena berbatasan langsung dengan Kabupaten Langkat dan Kabupaten Deli Serdang. Pun tercakup dalam proyek pembangunan Mebidang (Medan-Binjai-Deli Serdang).

Salah satu tempat wisata di Binjai adalah Pelaruga (Pemandu Alam Rumah Galuh). Nama asli tempat wisata ini adalah Air Terjun Teroh-Teroh yang dalam bahasa Batak berarti “bawah-bawah”. Dinamakan teroh-teroh, karena air pada wisata alam ini berasa dari mata air yang sangat jernih dan bersih.

Dikutip dari Beritagar.id, Palaruga bukan nama wilayah, tetapi terkenal karena menjadi pintu masuk tiga lokasi wisata alam kesohor Kolam Abadi, serta Air Terjun Tongkat dan Teroh-Teroh. Ketiganya unggul karena dialiri sungai dengan air jernih nan bening kehijauan, serta pemandangan asri yang dikelilingi lembah dan tebing unik.

Biaya untuk memasuki Pelaruga, berkisar antara Rp 30.000-Rp 35.000. Disana, kita akan ditemani oleh pemandu jalan atau biasa disebut Ranger.

Untuk menuju lokasi air terjun Anda bisa memilih dua rute. Bisa dengan mendaki menyusuri sungai, atau body rafting, alias menghanyutkan diri mengikuti arus sungai. Ini cukup aman karena menggunakan pelampung.

Akses menuju salah satu tempat wisata di Binjai ini cukup sukar untuk dicapai, memerlukan waktu sekitar kurang lebih 3 jam dari Kota Medan dan 30 menit tracking menuju satu lokasi ke lokasi yang lain.

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam sungai jernih berudara sejuk, sekaligus memicu adrenalin, di Binjai ada wisata arung jeram Sungai Binge. Sungai ini cukup populer di Sumatra Utara. Lokasinya bisa ditempuh sekitar 30 menit dengan berkendara dari Binjai. Cocok dikunjungi keluarga dan punya tingkat kesulitan 2-3, alias aman buat pemula.

Rutenya pun beragam, bisa disesuaikan dengan usia. Anda bisa berarung jeram sekitar 2 jam menempuh 7 kilometer perjalanan, melompat dari ketinggian, dan merasakan sensasi meluncur di bendungan setinggi hampir 8 meter dengan kemiringan sekitar 45 derajat.

Pada Mei 2016, tempat wisata Pelaruga diterjang air bah. Peristiwa ini menyebabkan dua orang tewas dan satu lainnya hilang oleh karena itu, wisatawan harus memperhatikan perkembangan cuaca sebelum memutuskan untuk pergi ke Pelaruga

Jika akan ke tempat wisata di Binjai yaitu Pelaruga, sebaiknya gunakan pakaian yang simpel dan sepatu untuk mendaki gunung atau sepatu olahraga. Jangan membawa terlalu banyak barang karena akan sangat menggangu saat melakukan Jungle Tracking nanti. Jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan momen-momen disana.

Binjai, Kotanya Rambutan

Dikutip dari liputan6.com, Kota rambutan merupakan julukan yang pantas disandang oleh Kota Binjai, karena salah satu kota yang terletak di Provinsi Sumatera Utara ini adalah penghasil buah rambutan terbanyak di Indonesia. Umumnya, penduduk setempat memanen rambutan secara tadisional. Hasil panenannya dapat mencapai hingga 2.000 ton per tahunnya.

Rambutan Binjai sudah terkenal hingga luar pulau Sumatera. Rambutan Binjai atau sering juga disebut Rambutan Brahrang memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan rambutan didaerah-daerah lainya. Ciri khas tersebut terdapat pada bijinya yang kecil kempot, daging buah yang tebal, serta rasanya yang manis. Disebut Rambutan Brahrang dikarenakan banyaknya semut hitam besar atau semut Brahrang yang terdapat pada rambutan tersebut.

Bahkan pemerintah Kota Binjai mendirikan bangunan Tugu Rambutan. Tugu yang dibangun pemerintah setempat itu untuk melambangkan bahwa Binjai adalah kotanya rambutan. Jika Anda berkunjung ke Kota Binjai pada saat musim panen rambutan, jangan lupa untuk mencicipi rambutan Binjai yang terkenal. Pada musim panen, siapapun dapat membeli rambutan di pinggiran jalan menuju pusat Kota Binjai.

Rambutan memiliki beragam manfaat bagi tubuh manusia yaitu sebagai penyembuh sembelit. Meski nggak memiliki serat sebanyak buah-buah lain, rambutan hadir dengan kandungan mineral yang dapat menstimulasi gerakan peristaltik untuk melancarkan pencernaan. Sehingga, buang air pun akan terasa lebih lancar daripada sebelumnya.

Buah rambutan juga memiliki kandungan vitamin C  Kandungan vitamin C pada rambutan dapat juga membantu penyerapan zat besi dan mencegah kerusakan sel. Pada setiap konsumsi 10 hingga 12 buah rambutan, maka sama dengan konsumsi 75 hingga 90 mg asam askorbat.

Rambutan adalah salah satu buah dengan kandungan antioksidan tinggi. Antioksidan berfungsi melawan peradangan dan melindungi sel-sel di tubuh. Vitamin C dalam buah juga membantu menetralisir radikal bebas yang menyebabkan kanker tertentu. Di sisi lain, kulit rambutan dapat mengubah dan mengganggu pertumbuhan sel kanker sehingga bisa digunakan untuk pengobatan kanker.