Pendaftaran CPNS Resmi Dibuka, Berikut Bocoran Agar Bisa Akses sscn.bkn.go.id

0
102
cpns 2018

Diarylounge.com – Sistem pendaftaran serta seleksi CPNS 2018 akan dilaksanakan secara terintegrasi melalui portal nasional via sscn.bkn.go.id. Hal ini disampaikan bahwa Bima Haria Wibisana yang merupakan ketua pelaksana seleksi Nasional CPNS. Beliau juga menambahkan bahwa tidak adanya pendaftaran portal mandiri dari instansi.

Sesuai Jadwalnya, pada Rabu ini tanggal 19 September 2018, BKN menyampaikan terkait formasi, instansi, serta persyaratan dalam pendaftaran di sscn.bkn.go.id. Benar adanya bahwa link sscn.bkn.go.id sebagai situs resmi Pendaftaran tahun 2018 ini baru bisa diakses pada pukul 13.00 WIB.

seleksi cpns-2018

Pihak yang telah memberikan informasi terkait formasi pendaftaran adalah sebagian Pemerintah Daerah di seluruh Indonesia. Mulai dari Pemerintahan Kota atau Kabupaten yang ada di Pulau Sumatera, Jawa hingga Sulawesi. Sejumlah 50 Pemerintah Kota Kabupaten yang telah membagikan formasi untuk CPNS 2018. Jika ingin melihat rincian selengkapnya dapat anda lihat dan download melalui linknya.

Meskipun demikian hingga siang hari ini pada waktu lewat dari 13.00 WIB, masih banyak calon pelamar yang mengeluh belum bisa mengakses sscn.bkn.go.id. Kesulitan yang dimiliki tersebut berupa sulit untuk memuat halaman sscn.bkn.go.id. Saat diklik, laman hanya memuat warna putih dengan tanda loading dalam jangka waktu cukup lama.

Pada Buku Petunjuk Pendaftar Sistem Seleksi CPNS Tahun 2018, terdapat penjelasan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mendaftar SSCN.

formasi cpns 2018

Inilah tujuh langkah untuk mendaftar dan login pendaftaran CPNS 2018 via situs SSCN.

  1. Membuat akun di portal http://sscn.bkn.go.id dengan cara mengisi Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan Nomor Kartu Keluarga (KK) atau NIK Kepala Keluarga.
  2. Login ke http://sscn.bkn.go.id dengan cara menggunakan NIK dan password yang telah ditentukan.
  3. Upload foto dengan memperlihatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Informasi Akun agar bisa ke tahap berikutnya.
  4. Pendaftar juga diwajibkan mengisi biodata, memilih 1 instansi, 1 formasi dan 1 jabatan yang diinginkan
  5. Simpan data yang sudah dicek di Resume kemudian klik Kirim.
  6. Sebelum dikirim, pendaftar dianjurkan untuk mengecek kembali data di Resume agar memastikan bahwa data tersebut lengkap dan benar, karena jika telah dikirim data tidak bisa diubah lagi.
  7. Kemudian Pelamar bisa mencetak Kartu Pendaftaran SSCN 2018 sebagai bukti telah menyelesaikan proses pendaftaran melalui SSCN 2018.

Jika terdapat masalah dalam mengisi di portal SSCN untuk mendaftar CPNS 2018, maka anda bisa mengklik helpdesk yang tersedia di portal tersebut untuk bantuan dan pengaduan.