Intip Pekerjaan Sampingan yang Bisa Bikin Penghasilan Bertambah

0
213
Pekerjaan Sampingan
Gambar: Bismisukm

Diarylounge.com, Saat ini, pekerjaan utama seperti bekerja di kantor seakan sudah tidak lagi cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup. Tak heran, banyak orang mencoba untuk mencari pekerjaan sampingan yang tentu saja tak mengganggu aktivitas pekerjaan utama.

Dengan memiliki pekerjaan utama dan pekerjaan sampingan, maka bisa menambah pendapatan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Namun perlu diingat, tak semua pekerjaan sampingan bisa berjalan seiringan dengan pekerjaan utama. Biasanya, kesusahaan yang dialami adalah dalam pengatur waktu.

Sebagai seorang karyawan dari sebuah perusahaan, biasanya seseorang memiliki rutinitas yang bisa dibilang hampir sama setiap harinya. Bekerja mulai dari pukul 8 pagi hingga 5 sore, dan itu akan berulang setiap hari, dari Senin hingga Jumat.

Mungkin sebagian karyawan merasa pekerjaan seperti ini sudah cukup menyita waktu mereka, sehingga sisa waktu yang ada di saat akhir pekan digunakan untuk istirahat dan berkumpul bersama keluarga.

Namun, ada juga sebagian dari mereka yang malah sibuk mengerjakan pekerjaan sampingan. Memiliki pekerjaan sampingan ternyata bisa menambah kemampuan yang dimiliki, dan tentunya dapat menambah penghasilan.

Pekerjaan Sampingan Harus yang Sesuai Dengan Minat

Waktu yang sudah banyak tersita oleh pekerjaan di kantor, jika ingin sambil mengerjakan pekerjaan sampingan, sebaiknya cari pekerjaan yang sesuai minat. Dengan begitu akan timbul rasa senang ketika menjalankannya dan keuntungan yang di dapat juga bisa maksimal. Aturlah waktu dengan seimbang antara pekerjaan tetap dengan pekerjaan sampingan.

Berikut adalah pekerjaan sampingan yang dapat dikerjakan secara bersamaan dengan pekerjaan utama:

1. Pengembang dan desainer situs
Pengembang situs atau web sangat diminati saat ini. Alasannya, banyak sekali toko yang berbasis online. Toko-toko online tersebut memiliki kebutuhan reguler untuk mengenalkan produk dan juga hal lainnya.

Tak hanya itu, situs-situs toko online saat ini juga memiliki kemampuan lain seperti langsung terkoneksi dengan pembayaran elektronik dan juga ekspedisi.

Oleh karena itu, bisa dimulai dengan membangun kemampuan dan belajar berbagai bahasa komputer seperti HTML, CSS, Ruby, atau Javascript dan kemudian mulai menawarkan jasa pembuatan situs. Untuk mengawalinya sederhana, cobalah menawarkan ke teman-teman dekat.

2. Blogger
Jika memiliki kemampuan menulis dan memiliki kemampuan untuk membangun hubungan baik dalam industri tertentu, maka membuat blog bisa menjadi pekerjaan sampingan yang hebat.

Saat ini banyak sekali blogger yang mampu mendulang uang hanya dari mengulas sesuatu yang spesifik seperti makanan, alat elektronik, tempat hiburan dan lainnya.

3. Desainer Grafis
Ada ribuan pekerjaan yang tersedia untuk desainer grafis freelance secara online, jika memiliki keterampilan untuk menciptakan karya desain berkualitas tinggi.

Bahkan jika kurang memiliki latar belakang yang terlatih dalam desain grafis, dengan munculnya alat yang mudah digunakan seperti Canva, Visme, dan bahkan Adobe Creative Suite yang lebih intuitif, mungkin saja menjadi fondasi desain grafis yang dapat dipelajari dengan relatif mudah.

4. Penulis e-book
Serupa dengan meluncurkan bisnis kursus online, menjadi penulis mengemasnya ke dalam seri e-book yang sangat menarik tentu saja, buku itu harus bisa diunduh. Ini adalah sumber penghasilan pasif yang membutuhkan sedikit usaha, setelah dipoles dan tinggal ditaruh di situs.

5. Guru bahasa jarak jauh
Saat ini Bahasa inggris sudah menjadi bahasa global. Semua orang ingin bisa berbahasa inggris. Maka tidak menutup kemungkinan untuk dapat mendapatkan penghasilan lebih dari sini.

6. Menjadi Konsultan Travel
Siapa bilang pekerjaan konsultan itu hanya ada di bidang keuangan atau pajak saja? Kegiatan yang menyenangkan dan hampir disukai banyak orang seperti travelling, juga bisa memunculkan profesi baru yaitu menjadi seorang konsultan travel.

Seorang yang sering bepergian ke luar atau tinggal di daerah dengan tingkat kunjungan wisatawannya cukup tinggi. Dengan menjadi seorang travel konsultan, juga bisa menambah lebih banyak relasi atau teman.

7. Menjadi Fotografer
Sepertinya profesi yang sangat marak dinginkan oleh para pecinta fotografi adalah menjadi seorang fotografer yang dikenal di mana saja. Memilih pekerjaan sampingan sebagai seorang fotografer, Pastikan memiliki kamera DSLR atau meminta bantuan teman yang ahli fotografi. Setelah itu, cobalah mengenal lebih dalam bisnis fotografi tersebut.

Tidak heran, sebagian karyawan juga ternyata melakukan pekerjaan sampingan yang umumnya memang mereka sukai. Bisa dibilang, pekerjaan sampingan ini juga seperti hobi yang mereka geluti dan ternyata menguntungkan. Penghasilan yang mereka dapatkan dari pekerjaan sampingan ternyata bisa lebih besar dari pekerjaan tetapnya.

mencari Pekerjaan Tambahan
Gambar: Alvinputra
Mengapa Harus menjalankan Pekerjaan Sampingan?

Secara umum, seharusnya tidak ada istilah gagal dalam berusaha karena memang sebatas hanya sebagai pekerjaan sampingan atau penghasilan tambahan. Berikut ini merupakan pokok-pokok alasan kenapa seharusnya mencoba pekerjaan sampingan:

a. Berawal dari Ide Bagus dan Kemampuan Unik
Kebanyakan perusahaan besar yang sudah sangat terkenal di dunia sekarang ini berawal dari sebuah usaha sampingan yang merupakan buah ide bagus, serta kemampuan dan keterampilan dalam menjalankan ide tersebut.

Tingkat kompetisi makin rendah dan peluang sukses makin besar jika ide yang dimiliki unik dan jarang ada orang lain yang memiliki, tentunya hanya tinggal merancang strategi untuk mengeksekusi ide tersebut menjadi kenyataan.

b. Peluang Pasar Masih Terbuka Luas
Jangan pernah bingung untuk memulai pekerjaan sampingan. Jika memiliki ide yang kreatif, maka semua bisa dijadikan bahan bisnis untuk pekerjaan sampingan.

Agar usaha bisa tepat sesuai dengan perencanaan, pertimbangkan juga besarnya kompetisi yang akan hadapi nantinya. Lakukan survei kecil-kecilan tentang opini masyarakat, atau bisa dimulai dari orang-orang terdekat, terhadap ide produk.

c. Perlu Uang Tambahan
Fakta yang terdapat pada pegawai kantoran seperti uraian diatas, yaitu gaji pas-pasan namun punya banyak waktu luang, membuat usaha sampingan menjadi tren baru yang terus berkembang.

Memiliki pekerjaan sampingan bisa menambah pundi-pundi rejeki untuk membantu memenuhi kebutuhan hidup. Selain untuk memenuhi kebutuhan hidup, uang tambahan ini bisa juga digunakan untuk tabungan masa depan keluarga.

d. Persiapan Pensiun
Bagi pekerja swasta, pertimbangan untuk memiliki rencana pensiun memang perlu. Dengan mempunyai usaha sampingan, rencana tersebut akan menjadi lebih mudah dipenuhi karena akan sangat menolong ketika menginjak usia lanjut nanti.

Usaha sampingan tersebut bisa dijadikan sebagai penyambung hidup atau hanya sekedar mengisi aktivitas masa tua. Pasalnya, aktivitas harian pasca pensiun diperlukan untuk menjaga kesehatan mental.

e. Aktualisasi Diri
Saat karir mentok dan mengalami kebuntuan dalam menjalankan pekerjaan di kantor, atau merasa bahwa pekerjaan di kantor saat ini tidak sesuai dengan passion yang dimiliki, maka pekerjaan sampingan bisa jadi mengajarkan banyak hal yang tidak akan didapatkan dengan menjadi pegawai kantoran.

Proses ini dinamakan aktualisasi diri, namun perlu diingat bahwa kadang-kadang pelajaran ini datang dari kegagalan. Namun, jangan takut untuk gagal karena sejatinya kegagalan adalah awal dari keberhasilan.