Olahan Kentang untuk Menu MPASI 6 Bulan Pertama

0
116
Menu Mpasi 6 Bulan Pertama
Makanan pendamping ASI atau Mpasi dibutuhkan oleh bayi agar gizi tetap terpenuhi

Dairylounge.com – Saat bayi lahir, mereka tidak hanya membutuhkan ASI untuk memenuhi kebutuhan gizi, tetapi juga makanan pendamping ASI atau MPASI. Biasanya makanan pendamping tersebut diberikan saat bayi berusia enam bulan. Salah satu Menu MPASI 6 Bulan Pertama adalah olahan kentang.

Sayur dan buah memang perlu diperkenalkan kepada anak sejak dini. Untuk bayi berusia 6 bulan ke atas, ibu dapat membuat makanan pendamping ASI atau MPASI berisi sayuran. Hanya saja takarannya tidak boleh berlebihan.

Kentang memiliki manfaat yang baik dalam pemenuhan gizi si kecil, kentang kaya akan vitamin C, vitamin B6, Kalium. Beberapa senyawa antioksidan yang tinggi terdapat dalam kentang, di antaranya flavonoid, karotenoid dan asam fenolik. Senyawa tersebut berguna untuk menetralkan molekul berbahaya akibat radiasi bebas. Lebih lanjut, risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, hingga kanker juga bisa dihindari dengan kentang.

Menu Cream Soup Potato menjadi salah satu menu pilihan yang bisa dicoba untuk anda yang sedang memilih makanan pendamping ASI untuk buah hati. Bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah 1 buah kentang ukuran sedang, setengah potong jagung manis, brokoli, edamame, daging ayam, 1 daun jeruk, 1 bawang putih, 1 jahe dan air. Selain itu, anda juga membutuhkan 1 sendok teh unsalted butter (ub), 1 keju kiri dan parsley kering.

Cara membuatnya tidak terlalu sulit, pertama anda harus memastikan semua bahan telah dicuci bersih, potong kentang dalam bentuk madu, parut jagung dengan parutan keju. Untuk sayurannya seperti kentang, jagung manis harus dikukus dalam kurun waktu kurang lebih 15 menut sampai empuk. Setelah itu kukus brokoli selama kurang lebih 5-10 menit sampai empuk.

Untuk olahan daging ayam, anda harus merebus daging ayam hingga matang bersama edamame, bawang putih dan jahe digeprek. Setelah semua bahan matang, lumatkan kentang dan brokoli dan tambahkan ub selagi hangat dalam wasdah. Selanjutnya, kentang, brokoli dan keju diparut, bagi bayi yang masih susah menelan anda bisa menyaring bahan-bahan tersebut. Saring jagung manis dengan saringan kawat. Selanjutnya, haluskan daging ayam dan edamame dengan menggunakan  blender dan tambahkan air kaldu ayam. Setelah semuanya siap, olahan kentang menu MPASI 6 Bulan Pertama untuk buah hati anda sudah siap langkah terakhir adalah menambahkan parsley kering.

Menu Cream Soup Potato ini mengandung zat-zat bergizi yaitu karbohidrat yang berasal dari kentang dan jagung, protein nabati yang berasal dari edamame dan protein hewani yang berasal dari daging ayam.

Menjaga Kandungan Nutrisi yang Ada Pada Sayuran

Para ibu harus memastikan menu MPASI 6 Bulan Pertama untuk bayinya mengandung bahan-bahan yang bergizi, bersih dan sehat. Sayuran menjadi salah satu sumber gizi yang baik buat sang buah hati akan tetapi, penyimpanan sayuran secara sembarang bisa membuat kandungan nutrisi dalam sayuran menghilang.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan para orang tua untuk mengolah sayuran agar nutrisi yang terkandung di dalamnya tidak berkurang. Cara yang pertama adalah mencuci sayuran pada air mengalir dan jangan pernah mencoba untuk merendamnya. Merendam sayuran hanya akan membuat kandungan nutrisinya hilang, seperti vitamin C. Perlu diketahui bahwa vitamin C sangat rentan terhadap panas, air, dan udara.

Untuk sayuran yang banyak mengandung vitamin larut air, seperti vitamin C, potonglah sayuran dalam bentuk besar atau Anda juga bisa memasaknya dalam bentuk yang utuh. Hal ini berfungsi agar tidak banyak kandungan nutrisi yang hilang selama proses pemasakan. Semakin kecil potongan sayuran, semakin banyak nutrisi yang dapat hilang saat proses pemasakan.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, metode memasak dengan cara dikukus adalah metode memasak yang paling baik untuk sayuran, terutama untuk sayuran yang mengandung vitamin larut air. Sayuran yang sebaiknya dikukus adalah brokoli, wortel, kembang kol, kacang hijau, bayam, dan sayuran berdaun hijau lainnya. Mengukus terbukti dapat mempertahankan kandungan nutrisi dari sayuran lebih banyak daripada metode memasak lainnya. Anda bisa menggunakan panci khusus mengukus atau microwave untuk mengukus sayuran.

Dalam sebuah studi dari Leatherhead Food Research, para ilmuwan menguji tingkat nutrisi dalam produk yang telah disimpan di lemari es selama tiga hari dengan produk sayur dan buah yang dibekukan. Anehnya, peneliti menemukan lebih banyak nutrisi pada sampel beku. Bahkan, dua dari tiga kasus, produk sayur dan buah yang dibekukan dalam keadaan segar dan higienis, mengandung lebih tinggi antioksidan, termasuk polifenol, anthocyanin, lutein dan beta-karoten. Kesimpulannya, pembekuan buah-buahan dan sayuran tidak membuat nutrisi menjadi lebih rendah. Justru membantu mereka mempertahankan nutrisi penting.

Mejaga kualitas sayuran dan buah-buahan penting dilakukan bagi orang tua yang sering membuat Menu MPASI 6 Bulan Pertama bagi anaknya. Jika hal ini tidak diperhatikan, maka anak tidak akan mendapatkan nutrisi yang terkandung dalam sayuran dan buah dengan lengkap.