Hindari Penyebab Stroke, Konsumsi Makanan Ini

0
114
penyebab stroke
Konsumsi oatmeal untuk menghindari penyakit stroke

diaryloungue.com, Penyebab stroke adalah gaya hidup yang tidak sesuai aturan kesehatan. Mengkonsumsi makanan yang megandung lemak jenuh, garam yang tinggi serta merokok.

Hal ini lah yang membuat aliran darah tersumbat dan jaringan otak tidak mendapat jumlah oksigen yang cukup.

Berikut beberapa makanan yang bisa mencegah stroke :

Kacang-kacangan

Mengkonsumsi kacang-kacangan baik untuk tubuh, terutama kesehatan otak dan jantung. Kacang mengandung vitamin B folat atau yang lebih kita kenal asam folat. D

alam salah satu penelitian mengungkapkan, makan kacang-kacangan menurunkan resiko sebesar 20%.

Makanan yang Kaya Antioksidan

Zat antioksidan mampu mengurangi peradangan dan plak pada arteri. Zat ini juga mampu melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan laju aliran darah ke jantung. Perbanyak makan buah dan sayur, karena kaya akan antioksidan.

Ikan

Perbanyaklah makan ikan dari pada daging merah. Khususnya ikan tuna dan salmon kaya akan omega 3. Zat ini mampu meningkatkan aliran darah dan meminimalisir pembekuan darah.

Ikan salmon juga mengandung DHA serta EPA yang sangat baik untuk melindungi sistem pembuluh darah dan mencegah pembekuan aliran darah. Untuk itu rutinlah mengkonsumsi ikan salmon.

Sebanyak 27% resiko truk berkurang karena mengkonsumsi ikan.

Makanan yang Kaya Kalium

Sejumlah 28% penderita stroke berkurang dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalium. Makanan yang mengandung Kalium terdapat pada buah pisang, plum, kentang dan kismis.

Makanan yang Kaya Magnesium

Untuk menghindari stroke pastikan konsumsi makanan yang kaya tinggi magnesium. Magnesium dipercaya menurunkan resiko stroke sebesar 30%. Konsumsi gandum dan jagung karena makanan tersebut tinggi akan magnesium.

Anda juga bisa mengkonsumsi oatmeal. Oatmeal adalah olahan dari biji gandum. Kaya akan nutrisi dan vitamin, serta baik untuk gizi.

Selain itu, oatmeal juga bisa memperbaiki jaringan sel tubuh, serat yang tinggi dan mampu menyerap kolestrol dalam darah.

Beras Merah

Kandungan karbohidrat pada beras merah baik untuk tubuh. Karena beras merah mengandung selenium yang mampu mencegah stroke tulang.  Selain itu juga mengandung mangan, kaya serat dan antioksidan.

Penyebab stroke dapat dihindari dengan menjaga gaya hidup yang sehat.