Diet OCD Kian Populer, Berikut Caranya

0
96
Diet OCD populer, berikut caranya
Diet OCD populer, berikut caranya

diarylounge.com, Pada tahun 2013, diet OCD banyak menuai pro dan kontra. Namun saat ini, semakin banyak yang mengikuti diet tersebut.

Selama ini yang kita ketahui, diet adalah mengurangi jatah makan. Tak kadang ketika kita melakukan diet, kita benar-benar tidak makan sama sekali. Bahkan ada yang jatuh sakit dengan alasan diet dan ingin kurus.

Diet OCD berbeda dari kebanyakan metode diet yang lain. Pada jam tertentu, kita diperbolehkan makan sesuka hati kita. Tentunya dalam batas yang wajar.

Nama khas untuk diet OCD adalah jendela makan. Hal ini merujuk waktu-waktu yang tepat untuk makan.

Berikut penjelasan tahapan diet OCD

Jendela Makan yang Pertama

Pada jendela makan pertama ini, diperbolehkan untuk makan selama 8 jam, kemudian boleh makan dselanjutnya dengan jeda waktu 16 jam.

Sebagai contoh. Ketika  memulai makan pada jam 10 pagi, maka kita bebas untuk makan sampai jam 6 sore. 16 jam berikutnya tidak boleh makan sama sekali. Hanya diperbolehkan meminum air mineral saja.

Jendela makan yang pertama ini sangat cocok untuk yang mau memulai diet OCD. Terus lakukan seperti ini sampai tubuh sudah terbiasa. Maka baru melakukuan tahapan selanjutnya

Jendela Makan yang Kedua 

Pada jendela ini ada sedikit beberapa tahapan yang berbeda. Kita diperbolehkan untuk makan selama 6 jam, dan tidak diperbolehkan makan lagi pada 18 jam. Contoh saat kita memulai untuk makan pada pukul 11 siang hingga pukul 5 sore. Kemudian sisanya melakukan puasa. Tapi tenang, puasa makan saja dan boleh minum air putih.

Jendela Makan yang Ketiga

Pada tahapan ini semakin meningkat. Kita diperbolehkan makan hanya 4 jam saja, 20 jam sisanya berpuasa kembali.

Misalnya ketika kita memulai makan pukul 11 hingga pukul 3 sore. Sisanya makanan tidak boleh kita sentuh sedikitpun.

Namun jika merasa berat melakukannya, maka bisa dikombinasikan. Senin hingga Rabu jendela makan pertama. Kemudian Kamis dan Jumat melakukan jendela makan kedua. Sabtu dan Minggu laksanakan yang ketiga.

Jendela Makan yang Keempat

Jendela makan yang terakhir ini sekilas terlihat sangat mengerikan. Kita diwajibkan berpuasa 24 jam. Tetap tenang, kamu tetap bisa makan kok, hanya sekali saja. Misalnya kamu mulai makan pukul 11 siang, maka boleh makan pada hari selanjutnya pukul 11 siang pula.

Itu dia tahapan diet OCD yang bisa kamu coba.