Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami Lemon

0
128
Lemon
Lemon merupakan salah satu bahan alami yang digunakan untuk menghilangkan jerawat

Diarylounge.com – Jika anda merasa terganggu dengan adanya jerawat di wajah, jangan khawatir. Jerawat bisa hilang dari wajah jika anda mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami. Sebenarnya menghilangkan jerawat bisa ditempuh dengan berbagai cara dari menggunakan skincare, memanfaatkan bahan alami hingga melakukan perawatan di dokter kulit. Bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat adalah lemon.

Jerawat dalam waktu tertentu memang akan menghilang, tapi belum tentu dengan bekas lukanya. Banyak orang yang sudah mencoba berbagai solusi tapi tak satupun yang berhasil. Anda bisa mencoba cara alami dengan mengoleskan perasan jeruk lemon di bekas jerawat Anda.

Lemon memiliki manfaat untuk kecantikan kulit. Kandungan antioksidan, mineral, dan vitamin yang terkandung di dalamnya membantu kulit terlihat sehat dan cerah merona. Beberapa penelitian berhasil membuktikan kandungan flavonoid yang terkandung di jeruk lemon merupakan agen antibakteri. Tidak hanya flavonoid, jeruk lemon juga mengandung zat antibakteri lainnya, yaitu asam sitrat yang merupakan asam organik dan minyak atsiri berupa limonene.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami yaitu lemon dapat dilakukan dengan mudah. Pertama, siapkan buah lemon segar dan potong menjadi dua bagian. Peras jeruk lemon di wadah dan siapkan kapas. Oleskan kapas air jeruk lemon tersebut ke jerawat yang ada di wajah anda kemudian tunggu hingga 10 menit. Setelah menunggu, cuci wajah anda dengan air hingga bersih.

Anda juga bisa menggunakan madu sebagai pendamping lemon untuk menghilangkan jerawat di wajah. Campur air perasan lemon dengan madu dan oleskan pada wajah dengan menggunakan kapas atau cotton bud dan tunggu selama sepuluh hingga 15 menit. Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, ulangi proses tersebut selama satu kali sehari.

Lemon dapat tumbuh baik di dataran rendah hingga ketinggian 800 meter di atas permukaan laut ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Di antara nya adalah mengurangi demam, asam lambung, menyembuhkan sariawan dan masih banyak lagi. Hal tersebut dikarenakan jeruk lemon mengandung vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan jeruk nipis, sumber vitamin A, B1, B2, fosfor, kalsium, asam sitrat, dan serat. Lemon dan madu sering dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami

Mitos Tentang Jerawat

Jerawat adalah kondisi kulit di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Perlu anda ketahui, ternyata terdapat mitos dan fakta yang berkembang di masyarakat mengenai jerawat.

Mitos yang pertama adalah mencuci wajah dengan sering membantu mencegah jerawat. Mencuci wajah terlalu sering tidak akan memberikan pengaruh yang besar pada kebersihan kulit. Justru, kulit wajah akan terasa lebih kering, bahkan bisa mengalami iritasi. Jerawat bersembunyi di dalam pori-pori kulit yang dibentuk oleh sel-sel kulit mati. Anda membutuhkan produk pembersih yang mampu mengangkatnya tanpa harus dipakai berkali-kali dalam sehari.

Mitos kedua adalah jerawat tidak berhubungan dengan stres. Jerawat Anda muncul pas ketika Anda akan menjalani sebuah interview? Itu bukanlah suatu kebetulan. Menurut sebuah penelitian dari Wake Forest University School of Medicine, remaja yang dilanda stres akan 23% lebih besar menderita jerawat akut. Solusi simpelnya adalah dengan meningkatkan mood Anda, seperti mendengarkan lagu favorit atau mengikuti kelas yoga.

Mitos ketiga adalah memencet jerawat. Godaan untuk memencet jerawat yang timbul wajah memang susah untuk ditahan. Tetapi Anda perlu tahu, memencet jerawat ternyata malah dapat memicu terjadinya peradangan, yang berujung pada bertambah banyaknya jerawat di wajah. Bahkan, cara ini bisa membuat bertahan lama dan menimbulkan bekas yang susah untuk dihilangkan.

Apalagi jika Anda memencetnya dengan tangan kotor, maka bekas jerawat tersebut akan terasa nyeri, kemerahan, atau bahkan beresiko terjadi iritasi. Oleh karena itu, The Body Shop sarankan agar Anda menggunakan krim, foam, atau juga lotion yang memang didesain khusus untuk mengurangi peradangan jerawat di wajah.

Mitos terakhir adalah mengkonsumsi kacang. Katanya, makan kacang bikin jerawatan. Padahal, yang membuat seseorang jerawatan setelah makan kacang adalah karena alergi, bukan karena kacangnya. Selain itu, enggak semua jenis kacang bikin jerawatan. Justru beberapa kacang, seperti kacang almond dan mete mengandung asam oksalat yang dapat merawat kulit dan mencegah munculnya jerawat. Kacang kedelai yang biasa dikonsumsi juga mengandung omega 3 yang dapat melawan peradangan di tubuh, mencegah kulit kering, serta membuat kulit tampak lebih muda.

Mengetahui fakta dan mitos tentang jerawat akan membuat anda mengetahui cara penanganan jerawat dengan tepat. Cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami seperti lemon dan madu adalah salah satu cara yang bisa diitempuh anda yang tidak ingin menggunakan bahan-bahan kimia untuk menghilangkan jerawat.