Begini Cara Menghilangkan Beban Pikiran Agar Terhindar dari Stres

0
493
Cara Menghilangkan Beban Pikiran
Gambar: starberita

Diarylounge.com, Banyak situasi yang dapat membuat stres, situasi tersebut dapat menjadi beban fikiran. Sebagai contoh pekerjaan yang sangat banyak yang harus dilakukan dan diselesaikan, atau situasi dimana anda tidak memiliki kontrol atas apa yang terjadi. Stres bisa juga karena merasa tidak bisa melakuan apa yang diharapkan orang lain pada diri. Yuk intip cara menghilangkan beban pikiran agar terhindar dari stres maupun depresi.

Semakin sering stres yang terjadi dalam hidup bisa membuat diri jadi sangat tertekan. Ada orang yang mengatakan bahwa mereka tidak stres, namun mereka mengakui bahwa mereka mempunyai banyak pikiran, ini adalah hal yang mirip atau sama saja. Semakin banyak stres sudah pasti banyak beban pikiran yang ada.

Stres dan beban pikiran ini bisa mempengaruhi kesehatan mental. Sebagai contoh jika tidak bisa memanagement stres dengan baik, tidak bisa mengatur beban pikiran maka akan ada kemungkinan bisa terkena kecemasan berlebihan atau juga terkena depresi.

Sebaliknya kesehatan mental yang tidak bagus juga bisa membuat stres. Sebagai contoh harus minum obat dokter terus menerus, atau bisa juga melakukan perawatan yang tidak kunjung usai, hal ini juga bisa membuat stres atau menambah beban pikiran.

Ciri-ciri stres atau banyak beban pikiran dapat dilihat secara fisik jika sering merasa sakit perut, mudah lelah atau sakit kepala. Secara umum ciri-ciri stres atau orang yang banyak beban pikiran:

1. masalah sexual seperti : malas untuk berhubungan intim dengan pasangan
2. susah tidur
3. kepala sakit
4. mengalami tekanan darah tinggi, dimana sebelumnya tidak pernah mengalami masalah dengan tekanan darah
5. susah konsentrasi

Berikut adalah cara menghilangkan beban pikiran yang membuat stres dengan alami:
Cara Menghilangkan Beban Pikiran
Gambar: Bimbingankonseling

1. Mulailah belajar menerima hal hal yang tidak bisa kontrol
Kebanyakan orang jadi stres karena mereka ingin mengontrol semuanya. Ingin mengontrol hasil. Apa yang dimaksud dengan mengontrol hasil? Kita merasa tidak terima ketika hasil tidak sesuai yang kita inginkan,kita jadi merasa sedih dan tertekan.

Ini hal yang wajar sebenarnya tapi kalau kita terlalu memikirkan kenapa kok tidak berhasil ini yang berbahaya bisa buat stres. Seringkali dalam proses menuju yang kita inginkan kita juga tidak menikmati prosesnya, hal ini karena kita masih ada keinginan untuk memaksakan hasil.

Kalau kita sudah merencanakan langkahnya harus bagaimana maka lakukan saja dan kemudian evaluasi dan tingkatkan tanpa perlu merasa risau bagaimana hasilnya. Dengan kita merasa risau akan hasil ini sudah memaksakan hasil yang bisa buat anda stres sendiri.

2. Belajar untuk memaafkan
Banyak orang stres karena mereka juga sering memendam perasannya, perasaan terhadap orang lain, terhadap suatu kejadian, terhadap diri sendiri. Jika ada hal yang tidak nyaman mereka selalu menyimpan perasaan ini, justru ini bisa buat jadi stres. Jadi ijinkanlah untuk memaafkan semuanya yang telah terjadi bahkan terhadap diri sendiri.

3. Lakukan sesuatu yang menyenangkan setiap harinya
Lakukan apapun untuk membuat diri senang seperti misalnya nonton bioskop, atau berkunjung ke teman atau ke alam atau mandi air hangat atau apapun itu. Ini membuat mood tetap bisa terjaga dengan baik.

4. Lakukan relaksasi pikiran
Untuk melakukan relaksasi pikiran bisa melakukan hipnoterapi. Hipnoterapi adalah terapi dengan menggunakan relaksasi pikiran. Tidak itu saja, hipnoterapi mampu menghilangkan rasa takut, cemas berlebihan, insomnia, tidak percaya diri, depresi dan banyak hal lain sepanjang itu berhubungan dengan pikiran.

Berikut adalah orang orang yang sudah merasakan efektifnya hipnoterapi yang nerupakan salah satu cara menghilangkan beban pikiran:

Sedang memiliki banyak beban pikiran? Merasa stres bahkan depresi? Bagaimana cara menghilangkan beban pikiran tersebut? Well, tarik nafas sejenak, slow down, mari ikuti petunjuk pada artikel ini perlahan-lahan.

Semua beban pikiran, stres, dan depresi dimulai dari adanya masalah (ga mungkin kan tiba-tiba stres sendiri), karena itu langkah pertama yang harus dilakukan adalah memahami apa masalah.

1. Memahami masalah
Sebenarnya sebagian besar dari orang yang stres atau memiliki beban pikiran sudah memahami dengan baik apa masalahnya, seperti masalah finansial, beban hutang, tanggungan keluarga, kesehatan, lingkungan, keamanan.

Apapun itu masalahnya sendiri namun kita sering menundanya, membiarkannya semakin besar, malas, memiliki kebiasaan buruk yang sulit dihilangkan, dan akhirnya mencari pelarian yang semakin memperburuk keadaan sehingga masalah terus menggulung menjadi beban yang semakin sulit dihilangkan.

2. Sadari bahwa itu masalah 
Maka dari itu coba ambil kertas, TULIS masalah sejujur-jujurnya, dan sadari bahwa itu adalah MASALAH. Banyak orang tidak bisa mengatasi beban pikiran/stres/depresi karena mereka menganggap itu semua disebabkan oleh faktor eksternal seperti keadaan, keluarga, orang lain, masyarakat, lingkungan, sistem, dan semacamnya.

Menyalahkan keadaaan tidak akan pernah menghilangkan masalah tersebut, pilihannya hanya terus mengeluh atau terima bahwa itu semua memang masalah dan move on.

3. Mulai pikirkan solusi
Dikaruniai pikiran untuk menyelesaikan masalah yang ada, saya pernah bertanya pada orang yang sedang depresi mengapa tidak bisa move on, dan luar biasanya adalah dia bisa menjawab alasannya dan bagaimana cara untuk menghilangkan rasa depresinya tersebut, hanya saja pada prakteknya tidak pernah berjalan mulus, ada rasa malas, rasa bosan, kebiasaan buruk, nafsu, dan hal-hal manusiawi lain yang selalu menghalangi.

Cara menghilangkan beban pikiran, karena yang terpenting adalah apa yang sudah lakukan untuk membuat hidup Anda menjadi lebih baik?

4. Improve your life
Tidak akan pernah bisa menghilangkan rasa stres/depresi jika tidak mengimprove kesejahteraan hidup Anda, kesejahteraan disini tidak hanya terpaku pada konteks materi/uang, melainkan gaya hidup, lingkaran sosial, pekerjaan, dan semacamnya.

Ada jutaan cara yang bisa temukan untuk meningkatkan kualitas hidup, namun saya akan bahas 2 cara yang paling efektif dan paling bisa segera dilakukan detik ini juga, yaitu:

1. Berpikir positif
Berpikir positif memang tidak menjamin keadaan akan berubah menjadi lebih baik, namun coba pertimbangkan bagaimana dengan kebalikannya (berpikir negatif)?

2. Membangun kebiasaan baik
Cara paling simpel membangun kebiasaan baik adalah dengan menghentikan semua kebiasaan buruk yang miliki. Jika ingin menghentikan kebiasaan buruk yang ada, maka berhenti mencari-cari cara untuk menghentikannya, just do it, segera hentikan bahkan paksa jika perlu, karena sebagian orang yang mencari cara untuk menghilangkan kebiasaan buruk hanyalah pencari alasan yang hanya ingin mengulur / menunda niatnya sendiri.

Memang pada kenyataannya tidak semudah itu, justru karena tidak mudah maka harus langsung melakukannya. Mulai hentikan satu kebiasaan buruk yang menurut Anda harus dihilangkan, kuncinya adalah fokus. Fokus sampai apa yang Anda ingin lakukan terlaksana, katakan tidak pada semua gangguan dikelapa, fokus pada 1 tujuan tersebut, dan lakukan sekarang juga.