Masa Puber? Beginilah Cara Alami Mengatasi Jerawat

0
301
Cara alami mengatasi jerawat
Sumber: caraalami-menghilangkanjerawat

Diarylounge.com, Jerawat adalah sebuah permasalahan kulit yang biasa terjadi pada siapa pun. Ditandai dengan munculnya bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh, misalnya wajah, leher, punggung maupun dada. Untungnya, ada banyak cara alami mengatasi jerawat tersebut.

Jerawat tak hanya terjadi para remaja yang sedang puber saja, orang dewasa pun masih bisa timbul bintik merah yang mengganggu ini di kulit mereka. Sebelum kamu tahu cara mengatasi permasalahan seputar jerawat, tentunya harus tahu apa yang menjadi penyebab timbulnya jerawat.

Ada beberapa faktor yang memicu atau meningkatkan risiko seseorang mengalami jerawat yaitu:

1. Perubahan hormon.

Jerawat yang terjadi pada orang-orang dewasa disebabkan oleh perubahan kadar hormon. Delapan dari sepuluh kasus jerawat pada orang dewasa, terjadi pada wanita, karena wanita lebih sering mengalami perubahan hormon pada masa-masa tertentu, yaitu ketika menstruasi dan kehamilan.

Jerawat kerap muncul pada sebagian wanita menjelang periode menstruasi. Sedangkan pada wanita hamil, jerawat biasa muncul pada tiga bulan pertama kehamilan. Bagi wanita yang mengalami kondisi yang disebut sindrom ovarium polikistik, selain munculnya jerawat, naiknya berat badan serta munculnya kista kecil di dalam ovarium juga bisa terjadi.

2. Masa pubertas.

Hal ini biasanya dialami oleh remaja. Pada masa pubertas, produksi sebum oleh kelenjar minyak akan meningkat seiring dengan tingginya produksi hormon testosteron. Terkadang, produksi sebum melebihi kuantitas yang dibutuhkan oleh kulit.

3. Efek samping penggunaan kosmetik.

4. Iritasi akibat benda yang dikenakan.

Bintik jerawat juga bisa muncul akibat gesekan atau tekanan dari material yang dipakai terhadap kulit secara terus-menerus. Contohnya bintik yang muncul di kening akibat terlalu sering mengenakan ikat kepala dan bintik di punggung akibat sering memakai ransel.

5. Kecanduan merokok.

6. Stres.

7. Efek samping obat-obatan.

Hal ini biasanya terjadi pada penggunaan obat lihium, steroid, dan antiepilepsi. Suplemen vitamins B2, B6, dan B12 juga dapat menyebabkan efek samping berupa jerawat.

8. Keturunan.

Jika kita memiliki orang tua yang pernah yang bermasalah dengan jerawat, maka kita berisiko besar mengalami hal yang sama. Bahkan tingkat keparahan jerawat bisa saja lebih tinggi terutama sebelum memasuki usia dewasa. Selain itu, apabila orang tua kita masih memiliki masalah dengan jerawat, maka kita juga berisiko mengalami hal yang sama meski sudah memasuki usia dewasa.

Pengobatan Jerawat

Pengobatan jerawat kadang-kadang membutuhkan waktu berbulan-bulan, tergantung seberapa parah jerawat yang dialami, apalagi bila memilih cara alami mengatasi jerawat. Namun mengobati sendiri jerawat ringan yang berupa bintik-bintik, komedo putih, dan komedo hitam dengan menggunakan krim atau gel yang mengandung benzoil peroksida. Krim atau gel tersebut dapat dibeli tanpa resep dokter. Berikut tips untuk mencegah timbulnya jerawat:

1. Gunakan sabun atau pembersih wajah ringan, serta air hangat untuk membersihkan area yang berjerawat. Sebaiknya hindari menggunakan air yang terlalu panas atau dingin karena bisa membuat jerawat malah makin parah.

2. Jangan terlalu sering mencuci area kulit yang berjerawat karena hal tersebut hanya akan memperparah iritasi, cukup cuci dua kali dalam sehari.

3. Atur rambut sebisa mungkin agar tak mengenai wajah dan keramas rambut secara rutin agar selalu bersih.

4. Jangan mencoba menghilangkan komedo dengan cara menekannya karena justru akan memperparah dan meninggalkan bekas luka.

5. Jangan pakai kosmetik atau rias wajah secara berlebihan. Sebaiknya gunakan produk kosmetik berbasis air yang tak memiliki efek menghalangi pori-pori kulit.

6. Bersihkan seluruh rias wajah sebelum tidur.

7. Jika kamu memiliki kulit kering, pakailah pelembap berbasis air yang tak mengandung unsur parfum.

8. Jika kamu sedang mengobati jerawat, sebaiknya jangan mengharapkan hasil singkat karena prosesnya bisa berlangsung hingga tiga bulan. Kesabaran dan ketahanan sangat dibutuhkan selama proses tersebut.

Selain dengan menggunakan obat-obatan dari dokter, ada juga cara alami mengatasi jerawat yang dinilai lebih aman dan tak menimbulkan efek samping sama sekali.

Cara Alami Mengatasi Jerawat yang Membandel

Banyak cara yang dilakukan orang untuk menghilangkan jerawat. Cara alami mengatasi jerawat adalah cara yang paling efektif dengan biaya yang murah.  Cobalah  cara alami mengatasi jerawat, meskipun efeknya tak secepat produk anti jerawat yang dijual di pasaran.

Berikut adalah beberapa cara menghilangkan jerawat dengan bahan-bahan alami :

1. Masker Alpukat dan Madu

Alpukat dan madu adalah salah satu kombinasi terbaik untuk mengatasi masalah jerawat. Madu, bahan alami yang dikenal sejak dulu memiliki banyak manfaat untuk kulit karena mengandung hidrogen peroksida yang bersifat antibakteri. Sementara alpukat kaya akan vitamin E yang dapat menembus pori-pori kulit dan mengurangi peradangan pada kulit.

Cara Alami Mengatasi Jerawat
Sumber Gambar: Student

2. Baking Soda

Baking soda dapat menetralkan keasaman kulit sehingga bakteri penyebab jerawat tak mampu hidup lama pada wajah. Tak hanya membunuh bakteri, baking soda juga bisa mengikis sel kulit mati dan membersihkan pori-pori yang tersumbat serta menyerap minyak berlebih.

3. Lemon

Asam askorbat-L yang terkandung dalam lemon dapat mengurangi masalah peradangan pada kulit berjerawat serta membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat. Lemon juga dikenal baik sebagai pencerah kulit dan penghilang noda pada wajah.

4. Pasta gigi

Fluoride, triclosan, hidrogen peroksida adalah beberapa bahan aktif dalam pasta gigi yang dapat mencegah iritasi kulit, mengeringkan jerawat dan mengurangi peradangan pada wajah. Cara menggunakan pasta gigi sebagai obat jerawat juga sangat mudah.

5. Ketimun

Tanpa disadari bahwa ketimun memiliki manfaat yang luar biasa untuk kulit. Ketimun kaya akan antioksidan, mineral, asam amino dan vitamin C yang berkhasiat untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh, membersihkan jerawat serta melembabkan kulit.

Cara Alami Mengatasi Jerawat
Sumber Gambar: arbamedia

6. Minyak Pohon Teh (Tea Tree Oil)

Tea tree oil atau minyak pohon teh adalah bahan yang biasa ditemui dalam produk-produk anti jerawat. Minyak pohon teh adalah minyak daun tanaman malaeuca yang berasal dari Australia . Zat terpenoid dalam minyak pohon teh dapat mengusir bakteri penyebab jerawat sehingga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat.

7. Kulit Jeruk

Vitamin C dan asam alpha hidroksi dalam kulit jeruk mampu membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat debu dan kotoran serta mengangkat sel kulit mati.

8. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel yang biasa anda beli di supermarket dapat digunakan untuk mengatasi masalah jerawat. Cuka sari apel mengandung asam malat dan asam laktat yang dapat mengangkat sel kulit mati serta antioksidan yang berfungsi mempercepat proses penyembuhan kulit akibat jerawat.

9. Putih Telur

Putih telur dapat mengecilkan pori – pori kulit serta mengurangi minyak berlebih yang merupakan penyebab jerawat. Enzim lysozim yang terkandung dalam putih telur dapat menghancurkan dinding sel bakteri penyebab jerawat. Selain itu, putih telur juga terbukti ampuh untuk menghilangkan komedo yang biasanya bersarang di hidung.

Cara Alami Mengatasi Jerawat
Sumber Gambar: greenworldtradisional

10. Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal sebagai bahan alami yang ampuh mengatasi masalah jerawat. Lidah buaya mengandung banyak zat aktif yang dapat mengusir jerawat.

Beberapa diantaranya adalah hormon giberelin dan polisakarida yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat serta antioksidan, mineral, vitamin C dan E yang mempercepat penyembuhan kulit yang berjerawat.

11. Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yang berfungsi mengikis sel kulit mati, dan antioksidan serta vitamin yang dapat mencerahkan kulit wajah, mengatasi kulit kemerahan akibat jerawat dan mengurangi peradangan pada kulit.

12. Bawang Putih

Tidak diragukan lagi, bawang putih adalah salah satu bahan alami yang efektif menghilangkan jerawat. Bawang putih mengandung senyawa thiacremonon sulfur yang dapat mengeringkan jerawat serta senyawa allicin yang bersifat antiseptik yang mampu menangkal bakteri penyebab jerawat.

Cara Alami Mengatasi Jerawat
Sumber Gambar: nationalgeographic

13. Scrub Gula

Gula murni mengandung AHA dan asam glikolat yang baik untuk membersihkan wajah dari sel kulit mati serta menghilangkan jerawat dan bekas yang ditinggalkan.

Tidak hanya itu, gula dapat membunuh bakteri penyebab jerawat karena dinding sel bakteri pada dasarnya tidak tahan terhadap gula.

14. Madu

Madu sudah digunakan dalam perawatan kecantikan sejak zaman dahulu. Antiseptik yang terkandung dalam madu mampu membunuh bakteri dan mengurangi peradangan pada kulit akibat jerawat. Madu juga berfungsi sebagai probiotik alami yang tidak hanya efektif mengurangi jerawat tetapi mencegah timbulnya jerawat baru.

15. Es Batu

Es batu dapat menghilangkan minyak berlebih dan kotoran yang merupakan penyebab jerawat. Selain itu, es batu juga berfungsi menenangkan kulit dan mengurangi peradangan yang ditimbulkan akibat jerawat

Cara alami mengatasi jerawat tersebut dinilai lebih aman dan tanpa menimbulkan efek samping dibandingkan dengan penggunaan obat-obatan yang mengandung bahan kimia. Meskipun dengan cara alami mengatasi jerawat ini akan lebih lama proses nya tapi sangat aman.