Beda Jenis Minyak Zaitun Beda Khasiat Pula Yang Diberikan, Inilah Ulasan Lengkapnya

0
183
Minyak Zaitun
Manfaat Minyak Zaitun

Diarylounge.com, Dalam kehidupan sehari-hari pasti masyarakat mengenal banyak sekali jenis minyak yang bisa dimanfaatkan dalam berbagai kegiatan. Salah satunya adalah minyak zaitun atau minyak dari tanaman zaitun yang mempunyai khasiat luar biasa.

Asal minyak itu sendiri dari daerah Timur Tengah atau Mediterranian. Banyaknya kandungan mineral serta vitamin yang ada pada minyak tersebut membuatnya bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan juga kecantikan setiap orang. Tidak heran jika dalam pengobatan ataupun produk kecantikan banyak yang memasukkan minyak timur tengah tersebut dalam ramuannya.

Dalam proses pengolahan minyak dari buah zaitun tersebut pertama kalinya diolah hingga menjadi sebuah pasta. Setelah itu diaduk lagi secara perlahan hingga pada titik dimana minyak tersebut menyatu menjadi sebuah konsentrat yang lalu di ekstraksi menggunakan alat press atau bisa juga menggunakan teknik centrifugation.

Nah, dari prosesnya tersebut menghasilkan beberapa jenis minyak yang berbeda khasiat dan juga berbeda jenisnya. Berikut ini ada beberapa jenis minyak dari buah zaitun yang beredar dipasaran, antara lain:

Manfaat Minyak Zaitun
Minyak Zaitun Untuk Kulit

Extra virgin olive oil

Ini adalah jenis minyak yang dihasilkan dari proses pengolahan pertama kali atau proses ekstrak. Dalam prosesnya tidak ada tahapan pemanasan kedalam air ataupun menggunakan bahan kimia. Karena berasal dari kualitas buah zaitun nomor satu dan pengolahan yang sangat berkualitas tentunya akan menghasilkan minyak yang baik pula.

Bisa langsung dikonsumsi atau bisa juga sebagai bahan campuran salad atau pengolahan makanan lainnya. Kandungan vitamin dan mineralnya cukup bagus, tidak heran jika harga yang ditawarkan juga lebih mahal dari pada lainnya.

Virgin olive oil

Yang kedua ada jenis minyak yang sebenarnya bisa dikonsumsi dan juga dicampurkan dalam masakan juga. Tetapi karena dalam proses pengolahannya minyak zaitun jenis ini melalui proses cold press jadi tingkat keasamannya lebih tinggi. Sehingga harganya juga lebih rendah dari pada jenis sebelumnya.

Pure olive oil

Harga yang lebih ekonomis dan terjangkau pada jenis minyak satu ini karena memang melalui proses penyulingan. Mempunyai kandungan nutrisi dan mineral yang lebih rendah, lalu ditambahkan pula rasa untuk memperkuat. Mempunyai ciri pada warna yang keemasan, walaupun bisa digunakan dalam memasak atau menumis makanan juga.

Extra dan refinet olive oil

Sebenarnya minyak ini dihasilkan pada proses pertama kali pengolahan tetapi ada tahapan tambahan bahan kimia dan juga penguat rasa lainnya yang membuat minyak menjadi lebih tinggi rasa dan tingkat keasamannya. Dalam prosesnya biasanya ditambahkan jenis virgin sebagai campuran.

Extra light dan light olive oil

Selanjutnya ada jenis minyak yang dibandrol dengan harga yang lebih murah, mempunyai aroma dan rasa yang paling lembut diantara jenis lainnya. Ciri utama pada warna yang lebih terlihat kuning dan condong ke bening. Minyak ini dihasilkan dari pemurnian jenis minyak yang mempunyai kualitas rendah.

Pomace

Nah, inilah jenis minyak yang sering dijadikan sebagai campuran kosmetik, shampoo, sabun ataupun lainnya. Dihasilkan dari proses kedua yang ditambahkan dengan minyak virgin sebagai perkuat rasa.

Demikian beberapa jenis minyak yang dihasilkan dari buah zaitun, pada dasarnya setiap jenis mempunyai kandungan mineral dan vitamin yang berbeda-beda. Makanya dalam penggunaannya pun juga berbeda.

Akan lebih baiknya jika digunakan dalam makanan yang dikonsumsi setiap harinya, bisa juga Kamu mengganti minyak goreng dengan minyak zaitun yang lebih menyehatkan untuk tubuh serta menurunkan resiko penyakit yang buruk.